Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Pelatihan Menghadapi New Normal dalam Berkarier

Berita Umum | 20 Juli 2020 10:38 wib
Melalui Zoom Meeting Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan, dan Hubungan Alumni (PPKKHA) telah menyelenggarakan pelatihan karier. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada Selasa, 07 Juli 2020 dan Kamis, 09 Juli 2020 pukul 08.00 WIB. Peserta dalam pelatihan ini merupakan mahasiswa dan alumni Universitas Airlangga.



Pelatihan dibuka oleh sambutan dari Ketua PPKKHA, Prof. Dr. Elly Munadziroh, drg., MS. Yang juga menjadi pembicara pertama. Setelah sambutan beliau melanjutkan dengan menyampaikan materi berjudul “Membangun Jiwa Kewirausahaan”. Dalam materinya, beliau menyampaikan mengenai pengertian entrepreneur dan intapreneur. Beliau banyak memberikan pesan kepada seluruh peserta agar menjadi pribadi yang kreatif dan analitis. Seorang wirausahawan adalah mereka yang bisa merubah rongsokan menjadi uang. Hal itu dikarenakan jiwa kreatif yang dimiliki oleh wirausahawan, begitu yang disampaikan oleh Ketua PPKKHA tersebut.


Pelatihan karier ini terdiri dari 4 pembicara. Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, bahwa pembicara pertama adalah Prof. Dr. Elly Munadziroh, drg., MS. Pembicara kedua adalah Lastiko Endi, S. S., M.Hum. yang merupakan Sekretaris PPKKHA. Beliau memberikan materi mengenai  cara membuat CV dan cover letter yang menarik. Mulai dari bagaimana pas foto yang baik untuk CV hingga tata cara penulisan pada CV maupun cover letter.


Dalam seminar ini, Endi memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menyetorkan CV yang dimilikinya untuk direview oleh beliau. Beberapa peserta menyetorkan CV dan kemudian diberi masukan oleh beliau. Beliau yang juga merupakan dosen Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga ini berkali-kali menegaskan bahwa CV cukup 1 hingga 2 lembar saja, tidak perlu sampai berlembar-lembar karena itu sangat tidak efektif untuk melamar pekerjaan.


Pembicara ketiga adalah Watiek Ideo, alumni Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Beliau merupakan penulis buku anak nasional yang karya-karyanya seringkali mendapatkan penghargaan. Dalam kesempatan ini, Watiek memberikan materi bagaimana berkarya dari rumah melalui tulisan. Untuk membuat tulisan, hal pertama yang perlu ditonjolkan adalah kepekaan penulis. Menulis cerita anak berarti harus peka pada dunia anak-anak, bagaimana cara anak-anak berkomunikasi hingga bagaimana agar anak tertarik dengan tulisan yang ditujukan padanya. Watiek sendiri bercerita bahwa ia membuat tulisan dengan cara membuat tabel yang berisi poin-poin apa saja yang perlu dibuat untuk mengawali cerita anak. Hal itu beliau terapkan untuk mempermudah beliau dalam menulis cerita.


Pembicara keempat adalah Dr. Hamidah, M. Si.Psi. Beliau merupakan Koordinator Bidang Intrapreneur PPKKHA yang juga seorang psikolog. Hamidah memberikan materi penutup dengan judul “Membangun Komunikasi Efektif Saat Wawancara Kerja”. Beliau juga melakukan roleplay wawancara kerja bersama beberapa peserta yang ditunjuk oleh beliau.


Pelatihan karier ini merupakan kegiatan rutin PPKKHA yang dilaksanakan selepas wisuda Universitas Airlangga. Sebanyak 28 peserta mengikuti pelatihan ini hingga akhir sesi. Seluruh peserta yang hadir dalam pelatihan diminta untuk mengisi kuesioner sebelum berakhirnya seminar. Kuesioner ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan kritik dan saran untuk program-program PPKKHA ke depannya.


Penulis: Rainyta Andyana Putri


Link
Dilihat 565 kali