Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Make a Good Start: Ini yang Harus Kamu Lakukan agar Berhasil Merintis Bisnis

Berita Umum | 09 Oktober 2020 07:18 wib
Rabu, 30 September 2020, PPKKHA Unair bersama Endeavor Indonesia mengadakan webinar nasional bertajuk "All about Fashion Business". Webinar yang menghadirkan Carline Darjanto (CEO & Founder of COTTONINK) sebagai pembicara ini, diikuti oleh ratusan peserta yang sebagaian besar merupakan calon pengusaha pemula.


Dalam dunia bisnis, memulai atau merintis bisnis dari awal adalah hal menantang yang harus dilalui calon pengusaha. Keberanian dalam mengambil risiko dan motivasi diri menjadi dua kunci utama untuk memulai bisnis agar ide bisnis yang ada di kepala kita dapat terealisasikan dan bukan hanya menjadi angan semata. Sedangkan di sisi lain, rasa takut akan menghadapi kegagalan menjadi rival utama bagi calon pengusaha yang dapat menyurutkan hasrat dalam memulai bisnis. Isu inilah yang menjadi perhatian utama Carline Darjanto untuk dibahas ketika mengisi webinar Endeavor scaleup Mindset bertemakan All About Fashion Business.


Melalui webinar yang diadakan oleh Endeavor Indonesia bersama PPKKHA Universitas Airlangga ini, Carline Darjanto tidak hanya fokus untuk memotivasi para calon pengusaha agar berani merintis bisnis, namun juga berbagi wawasan seputar pengalaman dan bisnis yang sedang ia kembangkan. Carline Darjanto juga menjelaskan berbagai langkah-langkah awal yang dapat diambil ketika memulai bisnis. Langkah awal dalam merintis bisnis tersebut meliputi; mencari mentor yang memiliki sepak terjang di bidang bisnis yang sesuai, menentukan brand identity yang sejalan dengan visi-misi bisnis, dan mengenali karakteristik pasar atau target customers.


Ketiga langkah awal dalam memulai bisnis tersebut tentu saja harus diimbangi dengan sikap dasar yang harus dimiliki pengusaha ulung. Menurut Carline Darjanto, kreativitas dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan pasar dan target customers menjadi aspek penting bagi calon pengusaha jika ingin produknya lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, penting bagi calon pengusaha untuk selalu belajar dari kegagalan dan terus mencoba. Karena ketika merintis bisnis, semua target yang diinginkan tidak selalu berjalan mulus seperti yang direncanakan. Carline Darjanto pun percaya bahwa tahapan awal dalam merintis bisnis akan terasa sedikit lebih mudah jika calon pengusaha menanamkan dalam diri sikap-sikap dasar ini.


Sebagai model bisnis, Carline Darjanto juga mengenalkan bisnis yang sedang ia kembangkan yaitu COTTONINK. Fashion brand terkenal yang dirintis oleh Carline Darjanto ini telah berhasil menjadi salah satu brand favorit bagi wanita Indonesia. Dalam materi yang ia sampaikan, Carline Darjanto berbagi kepada audiens tentang sepak terjang yang ia lalui dalam mengembangkan COTTONINK. Berdasarkan pengalamannya, Carline Darjanto menjelaskan bahwa scale-up bisnis yang optimal dapat dicapai apabila brand yang dirintis telah matang dan stabil secara aspek produksi dan pemasarannya. Sebagai hasil dari kerja kerasnya, COTTONINK kini telah dikenal sebagai brand asal Indonesia yang telah menginspirasi jutaan wanita Indonesia dalam dunia fashion.


Penulis: Seila Shofyan

Link
Dilihat 300 kali