Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Belajar dari Prof. Delvac Oceandy : Resep untuk Mewujudkan Karier Impian

Berita Umum | 27 Oktober 2020 05:39 wib
Nothing comes easy, begitulah kutipan favorit yang sering dijadikan penyemangat orang-orang agar terus berjuang dalam menggapai impian. Begitu pula dalam meniti karier, dibutuhkan waktu, tenaga, dan upaya yang besar dalam mewujudkannya. Sesi sharing Airlangga Career Club pada 2 Oktober 2020 yang bertemakan “25 Years Journey in Academic Career Abroad” kali ini mengajak para audiens untuk memahami pentingnya kesabaran dan keuletan dalam mencapai karier impian.



Tak hanya itu, webinar yang diselenggarakan oleh PPKKHA Universitas Airlangga ini juga menghadirkan Prof. Delvac Oceandy, MD, Ph.D sebagai pembicara. Pada sesi pembuka, alumni Fakultas Kedokteran Unair yang juga merupakan Pakar Medical Science di University of Manchester ini menceritakan kisah hidupnya dalam meniti karier selama 25 tahun. Selain itu, Prof. Delvac Oceandy juga membagikan kiat-kiat yang dapat dilakukan oleh para audiens agar dapat mewujudkan karier impian.


            Kiat-kiat dalam mewujudkan karier impian versi Prof. Delvac terdiri dari 4 hal; pemikiran yang kreatif, fokus akan tujuan, kolaborasi dengan banyak pihak, dan menemukan mentor. Menurutnya, faktor penunjang dalam mewujudkan karier impian memang banyak. Akan tetapi, keempat hal itu lah yang menjadi faktor utama bagi beliau dalam mewujudkan kariernya yang tergolong sukses saat ini.


“Dalam menghadapi tantangan dalam berkarier, kita pasti menemukan problems. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran kreatif agar dapat menemukan solusi”, ungkap Prof. Delvac ketika menyinggung faktor pertama dalam mewujudkan karier impian, yaitu berpikir kreatif. Fokus akan tujuan menjadi faktor kedua yang harus diperhatikan dalam meniti karier impian. Prof. Delvac menegaskan, “kita harus fokus ke hal/bidang yang kita kuasai dan sukai, jangan fokus ke hal-hal yang bukan menjadi tujuan kita.”


Kolaborasi dan mentoring menjadi faktor penting dalam berkarier selanjutnya yang disampaikan oleh Prof. Delvac. Dengan melakukan kolaborasi, seseorang akan lebih mudah dalam memperluas koneksi, berbagi keahlian dengan banyak orang, dan memicu munculnya ide-ide baru. Di sisi lain, menemukan mentor yang tepat akan sangat membantu dalam mendapatkan arahan terkait apa saja yang harus dilakukan dalam mewujudkan karier impian.


“Hal yang terpenting dalam berkarier bukanlah soal kesuksesan atau kegagalan, namun bagaimana respons kita dalam menyikapi kesuksesan atau kegagalan itu sendiri”, begitulah pesan bijak Prof. Delvac setelah membagikan kiat-kiatnya. Sebagai tips tambahan, Prof. Delvac juga menganjurkan para audiens untuk membuat daftar target hidup dan memberanikan diri dalam merealisasikannya.




Penulis: Seila Shofyan



Link
Dilihat 400 kali