Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Bincang Prospek Karier Bidang Artificial Inteligence Bareng Pakar dari Google

Berita Umum | 30 Desember 2020 07:03 wib
Webinar Airlangga Career Club (ACC) kembali hadir dengan mengangkat tema yang menarik yaitu Preparing for Future Career: Artificial Intelligence and Machine Learning. Tak tanggung-tanggung, DPKKA mendatangkan seorang Senior Research Scientist dari Google DeepMind sebagai pembicara untuk tema kali ini. Alhasil, tercatat sebanyak 811 peserta pun mengikuti webinar ini dengan antusias.


               Senior Research Scientist dari Google DeepMind yang menjadi pembicara sesi ACC kala itu adalah Adhiguna Kuncoro. Hebatnya, selain menjabat sebagai tim peneliti Google DeepMind, Adhiguna Kuncoro juga sedang dalam masa studi sebagai mahasiswa Computer Science di University of Oxford. Lewat materi yang disampaikannya, Adhiguna Kuncoro tak hanya membahas apa itu Artificial Intelegence (AI), namun juga memapakarkan berbagai hal tentang berkarier di bidang AI.


            Adhiguna Kuncoro pun menjelaskan beberapa profesi yang memiliki keterkaitan yang erat dengan AI. “Karier di AI sangat menarik ya. Kalau mau berkarier di AI itu ada beberapa posisi seperti AI researcher, AI engineers, data scientist, juga data engineers”, ungkap Adhiguna Kuncoro. Menariknya, Adhiguna Kuncuro juga memaparkan bahwa AI dibutuhkan di banyak sektor pekerjaan seperti kesehatan, pertanian, farmasi, pariwisata, pendidikan, start-up dan e-commerce, dan masih banyak lagi.


            Tak hanya menjelaskan profesi-profesi yang tersedia di bidang AI, Adhiguna Kuncoro juga membagikan pandangannya kepada para peserta webinar tentang langkah-langkah yang bisa ditempuh jika ingin berkarier di bidang AI. Ia menyarankan siapa pun yang tertarik berkarier di bidang AI untuk memulai mempelajari AI secara mandiri melalui berbagai platform seperti Coursera dan YouTube. “Jika pengen latihan coding, kalian bisa menggunakan situs Kaggle”, tambahnya terkait platform belajar AI.


               Melalui webinar ini, Adhiguna Kuncoro berharap karier di bidang AI makin diminati kalangan muda. “Kalaupun temen-temen bukan dari (latar belakang) bidang computer science, temen-temen tetap memiliki kesempatan untuk berkarier di bidang AI karena AI itu selalu dikembangin secara kolaboratif”, tukas Adhiguna Kuncoro dalam meyakinkan peserta bahwa karier di bidang AI terbuka untuk semua kalangan.




Penulis: Seila Shofyan

Link
Dilihat 125 kali