Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Ungkap Tips Sukses Jadi Presenter Handal Langsung dari Ahlinya

Artikel | 25 Januari 2021 05:30 wib
Sudah menjadi rahasia umum jika industri hiburan dan pertelevisian menjadi salah satu sektor yang banyak diminati oleh para jobseeker. Karier di dunia broadcasting pun menjadi primadona di kalangan pemuda, salah satunya adalah karier sebagai presenter. Kepopuleran karier sebagai presenter dapat dilihat dari membludaknya pelamar tiap kali stasiun TV di Indonesia membuka lowongan posisi presenter.


Di sisi lain, jumlah pelamar yang membludak ini berdampak pada persaingan di antara pelamar menjadi semakin ketat. Para calon presenter pun dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan dasar yang cukup agar dapat lolos. Tak hanya itu, dibutuhkan proses yang panjang hingga akhirnya mereka benar-benar diakui sebagai presenter handal di dunia pertelevisian Indonesia.


Melalui sesi Webinar Airlangga Career Club yang bertemakan “Successful Public Speaking for Presentation and be a Good TV Presenter”, berbagai tips untuk sukses menjadi presenter handal pun telah diungkapkan langsung oleh ahlinya. Menurut Meriana Candra, Founder Probest School, seorang presenter setidaknya wajib memiliki kemampuan public speaking di atas rata-rata. Bukan tanpa alasan, public speaking menjadi senjata utama bagi presenter agar dapat tampil percaya diri di depan kamera.


Nita Liana, seorang mantan presenter kondang di NET TV pun punya pandangan yang sama. Lebih detailnya, Nita Liana juga mengungkapkan berbagai tips yang sangat membantu dalam menyukseskan karier sebagai presenter yang handal. Inilah tips-tips menjadi presenter handal yang diungkapkan langsung oleh ahlinya:

Memiliki Olah Vokal yang Baik

Teknik vokal yang baik merupakan modal penting bagi presenter jika ingin penampilannya diacungi jempol oleh para penikmat televisi. Dengan memiliki teknik vokal yang bagus, penyampaian berita dan pembawaan acara menjadi lebih menarik. Sehingga, para pemirsa pun bisa menikmati program TV hingga akhir.


Berwawasan Luas dan Menguasai Dasar-Dasar Jurnalistik

Seorang presenter yang handal harus memiliki wawasan yang luas jika ingin bertahan di tengah persaingan yang ketat. Hal ini dikarenakan tugas utama seorang presenter adalah memberikan informasi kepada publik melalui media televisi. Dalam menjalankan tugas, adakalanya presenter dituntut untuk bisa menggali informasi sebanyak dan secepat mungkin terkait materi yang akan disiarkan.


Ekspresif dan Tidak "Garing"

Salah satu tips agar pemirsa dapat menikmati program yang dibawakan adalah memandu acara atau membacakan berita dengan ekspresif. Presenter yang handal wajib mengetahui kapan ia harus mengeluarkan ekspresi tertentu, tergantung jenis program dan berita yang dibawakan.


Berkepribadian dan Berpenampilan Menarik

Disorot oleh kamera merupakan makanan sehari-hari seorang presenter dengan jam terbang tinggi. Pembawaan yang menarik adalah kunci bagi presenter agar pemirsa dapat menikmati program hingga akhir. Dengan menjadi seorang presenter, berarti telah siap menjadi public figure atau pusat perhatian. Dalam hal ini, presenter wajib memperhatikan sikap dan penampilan demi menjaga image sebagai presenter yang profesional.


Itulah tips-tips menjadi presenter handal yang disampaikan langsung oleh ahlinya dalam Webinar Airlangga Career Club (16/12/2020). Tak hanya secara eksklusif mengungkapkan tips-tips menjadi presenter handal, webinar ini juga berhasil menarik antusiasme sebanyak 811 peserta.



Penulis: Seila Shofyan

Link
Dilihat 414 kali