Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Ini kata Talent Research Specialist tentang Strategi Meraih Karier Cemerlang

Artikel | 23 Februari 2021 04:26 wib
Meraih karier impian yang cemerlang di masa depan memang susahnya minta ampun. Dibutuhkan berliter-liter keringat dan juga persiapan yang sangat panjang dalam mewujudkannya. Belum lagi faktor keberuntungan yang tak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pintar agar karier impian di masa depan dapat terwujud.


         Sebagai bentuk kepedulian DPKKA terhadap pengembangan karier para Ksatria Airlangga, seorang talent research specialist pun didatangkan sebagai pembicara webinar Airlangga Career Club (21/01). Pada kesempatan kala itu, Bapak Taufik yang merupakan talent research specialist sekaligus Direktur PT People Search Indonesia membagikan wawasan tentang strategi pintar dalam meraih karier cemerlang. Strategi-strategi yang dibicarakan tersebut di antaranya:

Memahami Diri Sendiri

            Agar kita mengetahui langkah strategis seperti apa ke depannya dalam meraih karier cemerlang, kita wajib memahami diri sendiri terlebih dahulu. Hal-hal tentang diri sendiri yang wajib kita cari tahu meliputi; passion, kelebihan, kekurangan, hal-hal yang dikuasai, juga pekerjaan atau profesi seperti apa yang kita minati. Dengan memahami diri sendiri, kita jadi lebih mudah menentukan strategi selanjutnya dalam meraih karier cemerlang yang kita idam-idamkan.

Manfaatkan Peluang yang Ada

            Strategi meraih karier cemerlang selanjutlah adalah menentukan peluang yang sejalan dengan potensi yang ada pada diri kita. Dalam mencari peluang, kita perlu menggali informasi sebanyak mungkin terkait perusahaan-perusahaan mana saja yang menyediakan kesempatan berkarier di bidang yang kita inginkan. Di sisi lain, kita juga bisa menciptakan peluang sendiri dengan membangun usaha atau start-up.

Terus Tingkatkan Kompetensi Diri

            Strategi yang paling penting dalam menggapai karier impian di masa depan adalah meningkatkan kompetensi diri. Jika ingin diterima bekerja di bidang yang kita inginkan, tentu saja kita harus memenuhi kualifikasi yang dicari perusahaan. Ikutilah berbagai program pelatihan, workshop, atau sertifikasi yang sesuai dengan minat dan bidang kerja sasaranmu. Sehingga ketika berhadapan dengan recruiter, kamu telah memiliki persiapan yang matang dan nilai plus sesuai dengan kualifikasi yang diminta.

            Sebenarnya, masih banyak strategi-strategi pintar dalam meraih karier cemerlang yang disampaikan oleh Bapak Taufik. Tak hanya berbagi strategi pintar dalam mewujudkan karier impian, Bapak Taufik juga memberikan pesan motivasi terhadap para peserta. Beliau mengutip kata-kata Mutiara dari Bung Karno, “Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang”. Dalam sesinya yang dihadiri oleh 838 pendaftar ini, Bapak Taufik berharap strategi meraih karier cemerlang yang Ia bagikan dapat menyulut semangat mereka.


 

Penulis: Seila Shofyan
Link
Dilihat 23 kali