Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Entrepreneurship Sharing Session: Susahnya Mencari Investor Selama Pandemi

Berita Umum | 09 Maret 2021 03:34 wib
Pandemi Covid-19 benar-benar memberikan dampak yang luar biasa bagi dunia ekonomi. Semua negara di seluruh belahan dunia turut merasakan akibatnya. Tak terkecuali Indonesia, yang bahkan telah mengalami resesi akibat perekonomian negara yang tak kunjung membaik. Kondisi ini pun sangat mempengaruhi para pengusaha khususnya di sektor start-up. Demi mempertahankan eksistensinya, para pemilik start-up harus memutar otak agar dan mencari cara dalam mendapatkan investor di tengah krisis pandemi.


              Merespons kondisi tersebut, DPKKA mengadakan webinar khusus yang bertemakan “How to Make a Deal: Tantangan Wiraswastawan Muda dalam Mendapatkan Pendanaan Investor di ERA 4.0 & Pasca Pandemi Covid” (11/02). Dalam sesi yang diikuti oleh 799 pendaftar ini, DPKKA mendatangkan seorang Co-Founder dari HarukaEDU, Dr. Ir. Gerald Ariff MSc, sebagai pembicara webinar itu. Tak hanya memaparkan segala bentuk tantangan dalam mencari investor di kala pandemi, Dr. Ir. Gerald juga menjelaskan langkah strategis apa yang bisa di ambil oleh para wiraswastawan muda.


            Menurut data yang dipaparkan oleh Dr. Ir. Gerald, kurangnya pekerja dengan pengetahuan, keterampilan dan pendidikan menjadi tantangan pertama yang harus dihadapi para pemilik usaha. Sedangkan di sisi lain, sumber daya manusia yang terampil sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan di tengah krisis pandemi. Sehingga, memperhatikan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci penting pertama dalam menarik perhatian investor.


            Tak hanya itu, sebelum memperkenalkan profil perusahaan ke hadapan investor, para pengusaha wajib memastikan bahwa sistem manajemen keuangan dan aset telah berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan internal perusahaan yang baik akan dapat meyakinkan investor dalam memberikan pendanaan. Sebaliknya, jika manajemen perusahaan masih belum stabil, investor pun akan ragu untuk mengucurkan dananya.


            Menjelang akhir sesi webinar, Dr. Ir. Gerald juga memaparkan tiga macam sumber pendanaan dalam mengembangkan usaha. Tiga pendanaan tersebut meliputi; venture capital, angel investor, dan penawaran umum perdana. Tak hanya memberikan penjelasan terkait masing-masing jenis pendanaan tersebut, Dr. Ir. Gerald juga memberikan arahan tentang bagaimana cara mendapatkan ketiga jenis investor tersebut. Melalui webinar ini, penyelenggara berharap dapat membekali para perintis bisnis dalam mencari investor.

 

 

 

Penulis: Seila Shofyan
Link
Dilihat 224 kali