Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Bekali Para Jobseeker, BCA Ungkap Trik Lolos Rekrutmen Online Lewat AOCF 2021

Artikel | 18 Maret 2021 03:44 wib
Acara yang paling dinanti-nanti oleh para pejuang karier dan jobseeker, Airlangga Online Career Fair (AOCF) 2021, telah memasuki minggu pertama pelaksanaan. Kali ini, PT Bank Central Asia (Bank BCA) mendapatkan kesempatan untuk membuka serangkaian workshop karier dalam AOCF tahun ini.

Workshop yang diadakan pada Selasa (16/03) lalu ini berhasil menjaring setidaknya 364 peserta yang sebagian besar merupakan jobseeker. Angka ini merupakan bentuk antusiasme peserta dalam mengenal Bank BCA lebih dekat. Bagaimana tidak, selain karena kepo tentang trik lolos rekrutmen online yang dibahas dalam webinar, para jobseeker juga tertarik untuk melamar berbagai posisi di Bank BCA yang dibuka melalui AOCF 2021.


Workshop karier yang bertemakan “Online Recruitment Hacks” ini dibawakan langsung oleh Ibu Laura Andiny (Assistant Vice President Human Capital Management BCA) sebagai narasumber. Sebagai praktisi dunia per-HR-an, Ibu Laura mengungkap berbagai trik agar dapat lolos tahapan rekrutmen online. Trik jitu lolos rekrutmen online tersebut di antaranya:

 

PERSIAPKAN CV YANG POWERFUL

Menurut Ibu Laura, CV yang powerful adalah kunci pertama agar HR tertarik untuk meloloskan jobseeker pada tahapan pemberkasan rekrutmen online. Definisi CV yang powerful menurut Ibu Laura ialah CV yang padat namun informatif dan tidak berlebihan.


Lebih lengkapnya, Ibu Laura juga menekankan ke para jobseeker untuk tidak lupa mencantumkan data diri, kontak yang bisa dihubungi, latar belakang pendidikan, dan rangkuman pengalaman kerja atau organisasi.


Dalam hal ini, poin pengalaman kerja atau organisasi merupakan penilaian yang paling dipertimbangkan oleh tim recruiter. Jika ingin diloloskan ke tahapan selanjutnya, maka susunlah rangkuman pengalaman kerja/organisasi yang relevan dengan posisi yang dilamar.

 

TUNJUKAN PERFORMA TERBAIK SELAMA WAWANCARA

Trik agar lolos rekrutmen online selanjutnya adalah menunjukkan totalitas diri selama wawancara online. Sejak pandemi melanda, budaya wawancara kerja pun ikut berubah dari wawancara secara tatap muka menjadi wawancara secara daring.


Agar jobseeker tidak kelimpungan dalam mengikuti cara baru wawancara kerja ini, mereka perlu memahami instruksi wawancara online yang diberikan perusahaan sebelumnya. Memahami instruksi yang diberikan dapat menghindari kesalahan-kesalahan selama wawancara online berlangsung.


Selain itu, menarik perhatian pewawancara sangat penting bagi jobseeker jika ingin lolos tahapan berikutnya. Untuk itu, Ibu Laura sangat menyarankan para peserta untuk latihan wawancara terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya. Dengan latihan dan menjadi diri sendiri selama wawancara, jobseeker akan terlihat menarik bagi HRD untuk diloloskan.

 

            Masih banyak lagi trik agar dapat lolos tahapan rekrutmen online yang diungkapkan oleh Ibu Laura. Peserta AOCF dapat menyimak lebih lanjut sesi bersama Bank BCA ini melalui YouTube Channel DPKKA. Tak hanya itu, Ibu Laura juga berharap para jobseeker dapat menerapkan trik agar dapat lolos tahapan rekrutmen online yang diadakan oleh Bank BCA. Info lengkap seputar lowongan kerja AOCF bersama Bank BCA dapat di akses di s.id/33rdAOCF.

 

 


Penulis: Seila Shofyan
Link
Dilihat 62 kali