Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Dari Pelindo III untuk Jobseeker: Sikap Positif Penunjang Karier yang Sukses

Artikel | 22 Maret 2021 06:01 wib
Airlangga Online Career Fair (AOCF) 2021 telah memasuki minggu kedua pelaksanaan. Salah satu perusahaan BUMN, yakni PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III), mendapatkan kesempatan untuk membuka serangkaian workshop karier dalam AOCF di minggu ke dua ini.


Keikutsertaan PT Pelindo III pada AOCF tahun ini mendapat sambutan yang positif dari peserta career fair, khususnya para jobseeker. Bagaimana tidak, sebanyak 411 pendaftar yang hampir 250 di antaranya terpantau aktif menyimak melalui Zoom meeting room. Antusiasme yang luar biasa dari peserta ini merupakan bentuk rasa penasaran mereka akan peluang karier yang tersedia di PT Pelindo III. Tak hanya itu, mereka juga ingin mendapatkan wawasan tentang dunia karier bersama PT Pelindo III pagi itu.


Workshop karier yang bertemakan “Membangun Sikap Positif agar Sukses di Dunia Kerja” ini dibawakan langsung oleh Bapak Edi Priyanto (Direktur SDM PT Pelindo III) sebagai narasumber. Sebagai praktisi dunia per-HR-an, Bapak Edi mengungkapkan berbagai sikap positif yang sering dicari oleh perusahaan-perusahaan besar pada diri pelamar. Sikap-sikap positif yang disingkat dengan AKHLAK tersebut meliputi:

 

AMANAH

Sikap positif pertama yang dibutuhkan untuk karier yang sukses adalah sikap yang amanah. Dengan selalu bersikap amanah dan memegang teguh kepercayaan yang diberikan, orang-orang di sekitar pun akan merasa nyaman bekerja dengan kita. Sikap positif yang satu ini juga membuat kita menjadi pribadi yang dapat diandalkan dalam bekerja.

 

KOMPETEN

Salah satu faktor dalam meraih karier yang sukses adalah memiliki sikap kompeten. Sikap positif yang satu ini dapat diasah dengan senantiasa belajar dan mengembangkan kapabilitas. Selain itu, seseorang bisa dikatakan sebagai pribadi yang kompeten jika dia cakap dalam menjalankan tugas yang diberikan.

 

HARMONIS

Sinergi yang baik dalam tim di sebuah perusahaan dapat tercipta apabila masing-masing anggota memiliki sikap yang harmonis satu sama lain. Dalam hal ini, harmonis yang dimaksudkan oleh Bapak Edi adalah sikap saling peduli dan menghargai perbedaan. Jika tiap individu mau mempertahankan keharmonisan dalam tim, maka tujuan perusahaan pun dapat dicapai dengan mudah.

 

LOYAL

Sikap positif agar sukses dalam berkarier yang selanjutnya adalah loyal. Kepribadian yang loyal tercerminkan ketika seseorang selalu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bersama. Sebab, dengan mengesampingkan ego pribadi dan mendahulukan loyalitas terhadap kepentingan bersama, fondasi kerja sama tim pun ikut kuat.

 

ADAPTIF

Agar suatu individu atau tim dapat berkembang, maka dibutuhkan sikap positif lain yaitu adaptif. Dengan bersikap adaptif, seseorang akan cenderung selalu menghasilkan pemikiran inovatif. Tak hanya itu, pribadi yang adaptif juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja agar kita bisa bertahan dan terus berjuang di tengah perubahan.

 

KOLABORATIF

Terakhir, sikap positif yang sangat berperan dalam menyukseskan karier adalah kolaboratif. Dalam hal ini, sikap kolaboratif yang dimaksudkan adalah kecakapan dalam membangun kerja sama yang sinergis dengan pihak mana pun.

 

            Tak hanya memaparkan sikap-sikap positif yang dibutuhkan dalam berkarier, Bapak Edi juga menjelaskan berbagai kiat-kiat pengembangan diri yang bisa dilakukan untuk membangun sikap positif tersebut. Peserta AOCF dapat menyimak lebih lanjut sesi bersama PT Pelindo III ini melalui YouTube Channel DPKKA. Info lengkap seputar lowongan kerja AOCF bersama PT Pelindo III dapat di akses di s.id/33rdAOCF.

 

 

Penulis: Seila Shofyan
Link
Dilihat 66 kali