Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Workshop AOCF: Ingin Berkarier di Bank Indonesia? Kuasai Soft skill Ini Dulu!

Artikel | 24 Maret 2021 05:04 wib
Animo peserta terhadap Airlangga Online Career Fair (AOCF) 2021 di minggu kedua pelaksanaan acara semakin luar biasa. Kali ini, Bank Sentral Republik Indonesia (Bank Indonesia) mendapatkan kesempatan untuk menyapa para peserta workshop karier pada Rabu (24/03) ini.


Sesi bersama Bank Indonesia ini berhasil menjaring setidaknya 704 pendaftar yang sebagian besar merupakan jobseeker. Angka yang fantastis ini merupakan bentuk antusiasme peserta dalam mengenal Bank Indonesia lebih dekat. Bagaimana tidak, selain karena kepo tentang segala hal terkait berkarier di Bank Indonesia, para jobseeker juga tertarik untuk mengikuti berbagai program rekrutmen yang disampaikan melalui AOCF 2021.


Workshop karier yang bertemakan “Berkarier di Bank Indonesia” ini dibawakan langsung oleh Bapak Ari Febrianto (HR Assistant Director Bank Indonesia) sebagai narasumber. Sebagai salah satu orang penting dalam pengelolaan SDM di Bank Indonesia, Bapak Ari mengungkap banyak hal penting yang harus diperhatikan oleh jobseeker yang ingin berkarier di Bank Indonesia. Salah satu poin penting yang disampaikan olehnya adalah soft skill yang harus dikuasai oleh para jobseeker.

 

PROFESSIONALISM

Menurut Bapak Ari, profesionalitas merupakan poin penilaian penting dalam mencari kandidat yang tepat. Dalam hal ini, standar kandidat yang profesional versi Bank Indonesia adalah pribadi yang selalu bekerja dengan tuntas. Tak hanya itu, rasa tanggung jawab yang tinggi dan kompetensi yang baik juga menjadi kriteria lain dalam menjaring kandidat yang profesional.

 

TRUST & INTERGRITY

Soft skill yang dibutuhkan untuk berkarier di Bank Indonesia selanjutnya adalah dapat dipercaya dan berintegritas. Rasa integritas yang tinggi terhadap perusahaan sangat dibutuhkan dalam membangun kerja tim yang baik di Bank Indonesia. selain itu, Bank Indonesia juga kerap kali mencari kandidat yang dapat menghormati dan mempercayai secara internal dan eksternal.

 

COORDINATION & TEAMWORK

Kandidat yang bisa bekerja dalam tim dengan baik juga sangat dibutuhkan di Bank Indonesia. Menurut Bapak Ari, dibutuhkan sinergi yang baik antar individu agar tujuan Bank Indonesia dapat tercapai. Agar sinergi tersebut dapat diwujudkan, dibutuhkan koordinasi dan kerja sama tim yang baik pula. Jika kamu berencana berkarier di Bank Indonesia, maka kamu wajib memiliki soft skill yang bagus dalam mengkoordinasikan tugas dengan rekan kerja lainnya.

 

            Masih banyak lagi poin penting dalam menyiapkan karier di Bank Indonesia yang diungkapkan oleh Bapak Ari Febrianto. Peserta AOCF dapat menyimak lebih lanjut sesi bersama Bank Indonesia ini melalui YouTube Channel DPKKA. Tak hanya itu, Bapak Ari juga memaparkan berbagai program rekrutmen yang diadakan oleh Bank Indonesia. Peserta dapat mengakses web resmi Bank Indonesia di www.bi.go.id untuk memantau info rekrutmen yang ada.

 

 


Penulis: Seila Shofyan
Link
Dilihat 116 kali