Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Tips Bisnis Era New Normal: Kenali Konsumenmu!

Berita Umum | 28 April 2021 03:21 wib
There’s no such thing as a great product unless you specify who the target customer is merupakan kutipan oleh Sun Wu yang diungkapkan narasumber dalam Airlangga Career Club (ACC) yang diikuti oleh 376 peserta pada 25 Februari lalu.


Dalam webinar bertemakan “The New Normal Marketing: How to Adapt Your Strategy to The New Normal Era”, Bapak Andre memaparkan strategi pemasaran atau marketing yang mengalami perubahan sebelum adanya pandemi dan saat pandemi. Beliau merupakan seorang area marketing manager di PT. Nutrifood Indonesia dengan kiprah pada perusahaan tersebut selama 12 tahun, sehingga keahlian beliau dalam bidang marketing tidak perlu diragukan lagi.


Dalam marketing sebagai wirausahawan perlu mematrikan pola pikir mengenai target pasar dari suatu produk tidak untuk semua orang. Perlu parameter khusus agar dapat memaksimalkan usaha dan dapat mengevaluasi untuk kepentingan pengembangan usaha. Bapak Andre menyatakan model marketing STP sebagai langkah awal yang wajib dilakukan oleh tiap wirausahawan dan pebisnis dalam memulai usaha.


STP merupakan singkatan dari segmentation, targeting, dan postioning. Dengan membagi kelompok pasar berdasarkan usia, gender, kebiasaan, dll, seorang wirausahawan dapat menentukan segmentasi yang paling aktraktif untuk produknya serta pendekatan berbeda pada masing-masing kelompok pasar.


Beranjak ke langkah kedua tentang bagaimana cara menarik konsumen agar mau membeli produk yakni dengan metode 4P yakni product, price, place, dan promotion. Namun, metode ini dirasa kurang tepat apabila diterapkan pada era new normal yang memiliki tantangan variatif. Oleh karena itu, Bapak Andre menyarankan untuk melakukan perubahan strategi menjadi 4C; customer value, cost, convenience, dan communication.


Dalam menjalankan bisnis dengan strategi 4C tersebut, Bapak Andre memberikan tips untuk para wirausahawan dan pebisnis yaitu ACDC; Agile, Catch the opportunity, being Digital, dan Community engagement. Tujuan dari ACDS adalah seorang wirausahawan dan pebisnis harus siap dengan segala perubahan, membaca situasi dan kebutuhan pasar yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk pembuatan produk.


Selain itu, di masa sekarang penggunaan produk digital tidak dapat ditampik, sehingga pemanfaatan tidak hanya dapat memudahkan dalam penelitian dan pengembangan usaha melainkan juga pemasaran terhadap konsumen. Dengan pendekatan terhadap konsumen yang lebih mudah, maka consumer base yang loyal dan berpartisipasi aktif dalam kampanye dan penjualan oleh brand.

 



Penulis: Rarasanti Rania Qodri
Editor: Seila Shofyan
Link
Dilihat 40 kali