Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Ini yang Harus Kamu Ketahui jika Ingin Berkarier di BUMN

Artikel | 05 Mei 2021 03:55 wib
Airlangga Online Career Fair (AOCF) kali ini memiliki peranan penting dalam membekali para jobseeker yang ingin berkarier di BUMN. Agar persiapan mereka lebih matang, AOCF pun secara ekslusif mengadakan webinar “Bekerja di BUMN”. Banyak sekali poin-poin penting tentang berkarier di BUMN yang disampaikan dalam webinar ini. DPKKA berharap, webinar ini dapat menjadi gerbang pertama bagi para jobseeker dalam mempersiapkan diri untuk berkarier di BUMN.

          

          Materi tentang berkarier di BUMN dibawakan langsung oleh ibu Lukitarni selaku Head of Talent Acquisition di salah satu perusahaan BUMN yaitu PT Pegadaian. Tercatat sebanyak 369 peserta terpantau aktif menyimak materi yang disampaikan oleh beliau. Dalam webinar yang diselenggarakan pada 26 Maret 2021 itu, Ibu Lukitarini menyampaikan poin-poin yang wajib diketahui jika ingin berkarier di BUMN, di antaranya:


Jalur Rekrutmen di Perusahaan BUMN yang Dituju

            Agar impian untuk berkarier di BUMN dapat terwujud, maka para jobseeker wajib mencari tahu jalur rekrutmen apa saja yang tersedia di perusahaan BUMN sasaran. Jalur rekrutmen yang dimaksud pun beragam seperti Management Trainee Program, Campus Hiring, dan lain sebagainya. Jika sudah mengetahui jalur rekrutmen apa saja yang tersedia, maka para jobseeker dapat mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti jalur rekrutmen yang menjadi sasaran.


Soft Skills yang Banyak Dicari oleh Perusahaan BUMN

            Menurut pemaparan Ibu Lukitarini, terjadi perubahan standar soft skills yang dicari oleh perusahaan pada diri calon kandidat di masa depan. Beberapa soft skills yang saat ini banyak dipertimbangkan oleh perusahaan BUMN di antaranya; collaboration, resillience, agility, initiative, stress management, hingga fast learning. Jika ingin menjadi kandidat yang patut dipertimbangkan, maka kuasai lah soft skills tersebut terlebih dahulu.


Budaya Kerja di Perusahaan BUMN

            Sebelum memutuskan perusahaan BUMN mana yang dituju, maka ada baiknya jika para jobseeker menggali informasi terlebih dahulu tentang budaya kerjanya. Hal ini perlu dilakukan agar para jobseeker tidak menyesali hasil jika diterima bekerja nanti. Namun tak perlu khawatir, sebagaian besar perusahaan BUMN menjamin budaya kerja yang kondusif untuk pegawainya. PT Pegadaian contohnya, Ibu Lukitarini bahkan menegaskan bahwa perusahaan tempatnya bekerja itu aman dari budaya bekerja yang bersifat negatif seperti bullying.



Penulis: Seila Shofyan

Link
Dilihat 70 kali