Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Berkarier di Lembaga Penjamin Simpanan? Kesempatan Bagus yang Patut Dicoba

Artikel | 10 Mei 2021 06:38 wib
Lembaga Penjamin Simpanan (biasa disebut LPS) ternyata juga menawarkan kesempatan berkarier yang tak kalah bagusnya dengan lembaga pemerintahan lainya di Indonesia. Lembaga independen yang bergerak di sektor pengawasan perbankan ini selalu mengadakan rekrutmen di tiap tahunnya. Jika kamu sedang mencari tempat baru untuk mengekplorasi diri dalam berkarier, maka Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) patut dipertimbangkan.


              Berkarier di lembaga pemerintahan bisa jadi suatu hal yang membanggakan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tak heran jika pembukaan rekrutmen di lembaga pemerintahan menjadi momen yang dinanti-nanti oleh para jobseeker, terutama fresh graduates. Dari sekian banyak lembaga pemerintahan di Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merupakan salah satu lembaga yang gencar mencari talenta berbakat dari kalangan fresh graduates tiap tahunnya. Oleh karenanya, rekrutmen yang diadakan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bisa jadi kesempatan bagus bagi para fresh graduates untuk dicoba.


            Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sendiri menawarkan banyak opsi jalur berkarier yang dikhususkan untuk para fresh graduate, salah satunya melalui Program Pendidikan Calon Pegawai (PCP). Melalui webinar Airlangga Career Club yang diadakan pada 1 April lalu, LPS memaparkan banyak wawasan seputar Program PCP ini. Dalam webinar yang diikuti oleh sekitar 200 peserta ini, LPS membagikan beberapa catatan penting yang harus diketahui jika ingin mengikuti Program PCP, di antaranya:


3 Tahap Evaluasi

            Terdapat 3 tahap evaluasi yang harus diikuti oleh kandidat jalur Program PCP yaitu:

1.   Tahap pertama meliputi 5 hari masa evaluasi Wawasan Kebangsaan & Bela Negara serta 2 hari masa evaluasi Spiritual Program.

2.   Tahap kedua meliputi 3 bulan masa pendidikan tentang wawasan seputar LPS, moneter, perbankan, dan kunjungan perbankan.

3.   Tahap terakhir meliputi 6 bulan masa Program Orientasi dan 3 bulan masa on the job training.


Kompetensi yang Harus Dimiliki

            Berdasarkan pemaparan Damaiyanti Sakti Maharani (Direktur Grup SDM dari LPS), kandidat wajib memiliki 6 aspek kompetensi jika ingin lolos program PCP. Kompetensi tersebut meliputi; kemampuan untuk mengikuti perkembangan teknologi, kemampuan untuk menerapkan teori di lapangan, kemampuan berpikir yang analitis dan konseptual, kemampuan untuk menguasai technical skills di bidang IT dan media, kemampuan untuk menggunakan software pendukung pekerjaan (seperti Microsoft Office), dan kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik.


Hal Penunjang yang Harus Dipersiapkan

            Terakhir, Damaiyanti juga menyarankan agar calon kandidat mempersiapkan beberapa hal penunjang lain seperti kompetensi berbahasa inggris. Tak hanya itu, kandidat juga dianjurkan untuk menggali informasi lebih dalam wawasan seputar LPS, keuangan, dan perbankan. Karena 3 poin wawasan tersebut pasti akan diujikan selama program PCP berlangsung.

 


 

Penulis: Seila Shofyan
Link
Dilihat 75 kali