Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Tips Lolos Proses Rekrutmen Bersama HRGA Manajer PT. Kosme

Artikel | 07 Juni 2021 03:39 wib
UNAIR NEWS – Dalam rangkaian Airlangga Career Club Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar webinar bertajuk “Tips dan Trik Lolos Recruitment Process di Era Digital.” pada Jumat (21/05). Pada kesempatan tersebut, hadir sebagai pembicara Moch. Rizha Budi selaku HR & GA Manajer PT. Kosmetika Global Indonesia.


Pada awal, Moch. Rizha Budi yang kerap disapa Rizha itu memaparkan tentang proses rekrutmen yang harus dijalani para calon karyawan. “Proses rekrutmen terbagi menjadi enam yaitu, seleksi admin, wawancara dengan human resource, wawancara dengan user yang akan menjadi atasan teman-teman, wawancara akhir, offering, dan terakhir sign agreement. Semakin ke kanan, saingan akan semakin sedikit, tetapi semakin ketat juga,” tutur Rizha. Dari enam proses, Rizha membaginya menjadi tiga tahapan seleksi. Dalam kesempatan tersebut, Rizha memaparkan serta membagi beberapa tips untuk lolos ketiga tahapan seleksi.


Tahapan pertama ialah seleksi HR yang terdiri dari seleksi administrasi, wawancara dan/atau psikotes. Pada seleksi ini, Rizha berpesan pada calon pelamar pekerjaan untuk mengenali kemampuan dan kemauan, sehingga dapat mencari lowongan pekerjaan yang sesuai. Sebab, hal tersebut biasanya adalah hal pertama yang ditanyakan oleh rekruiter.


“Siapkan CV (Curriculum Vitae) terbaik. Hindari format CV dan e-mail yang alay dan ribet, karena tidak akan dilirik oleh para rekruiter. Pakailah e-mail yang profesional, minimal menggunakan nama. Lalu, siapkan kondisi mental dan fisik, agar saat sampai di tempat rekrutmen dalam kondisi yang prima,” jelasnya. Rizha menambahkan, para pelamar harus harus membaca dan memahami deskripsi lowongan yang dilamar. Sehingga, mengetahui gambaran tugas dan tanggung jawab posisi yang dilamar. Lalu, berikanlah kesan positif pada staff human resource yang melakukan wawancara.


Selanjutnya, seleksi user yang biasanya dilakukan oleh manajer-manajer. Pada tahap ini, pelamar perlu mempelajari dan mempersiapkan kemampuan teknik yang dapat membuat performa perusahaan menjadi lebih bagus. “Gunakan kesempatan bertanya untuk menunjukkan ketertarikan teman-teman. Tanyakan tiga hal ini, orang seperti apa yang dicari oleh para manajer untuk bergabung dalam tim. Lalu, tanyakan tantangan kerja dari posisi yang dilamar. Kemudian, tutup pertanyaan dengan positive statement tentang pengalaman dan pengetahuan, sehingga cocok menempati posisi tersebut,” jelasnya.


Selanjutnya, seleksi terakhir yang terdiri dari wawancara akhir, penawaran, Medical Check-up, dan tanda tangan kontrak. Rizha menyampaikan, pada tahapan ini pelamar juga dapat mengalami kegagalan. “Ajukanlah gaji sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Jangan buat komparasi dengan orang di luar sana. Lalu, konsisten dan berkomitmen dengan tanggal bergabung. Tidak ada sanksi hukum dari pembatalan bergabung, tetapi jangan lupa tim HR setiap perusahaan pasti terhubung,” jelasnya.


Pada akhir, Rizha membagi tiga kunci keberhasilan yaitu, pengetahuan, kemampuan, dan attitude. Bila telah memiliki ketiganya, jangan lupa juga meminta restu orangtua dan juga berdoa.



Penulis: Alysa Intan Santika
Editor: Nuri Hermawan
Sumber: http://news.unair.ac.id/2021/05/24/webinar-dpkka-unair-bahas-tips-lolos-proses-rekrutmen-bersama-hrga-manajer-pt-kosme/


Link
Dilihat 94 kali