Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Para Pencari Kerja

Artikel | 13 September 2021 02:44 wib
UNAIR NEWS – Terdapat 3 hal yang penting untuk diperhatikan bagi para pencari kerja. Proses mencari kerja memang bukan hal yang mudah dan sering menimbulkan rasa stress tersendiri. Karena itu, untuk memberikan pembekalan kepada jobseeker, khususnya mahasiswa, DPKKA Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan Airlangga Career Club bertemakan ‘Job Seeking 101’. Tidak tanggung-tanggung, acara pada Kamis (26/8/2021) itu menghadirkan Deviana Kurniawati sebagai pemateri.


Client Success Senior Associate of Kalibr Indonesia itu menjelaskan pencari kerja setidaknya mesti menyiapkan memperhatikan tiga hal utama sebelum mencari kerja. Ketiganya yaitu what I know, what I do, and what I do to win. What I know bermaksud mengetahui tujuan atau motivasi dalam mencari pekerjaan. Tujuan tersebut bisa meliputi pengalaman, pendapatan atau money, mendapatkan validasi dari orang lain, atau hanya sekedar karena pressure dari orang sekitar.


“Kalau mau kerja tekankan dulu purpose of matters-nya apa, lakukan identifikasi sebelum berkarir! Semua motivasi itu valid, tidak ada yang benar atau salah karena situasi yang dihadapi setiap orang tentu tidak sama,” terangnya.


Research

Langkah kedua menurut perempuan yang biasa disapa Devi itu adalah what I do atau mulai melakukan proses pencarian kerja. Melakukan hal itu membutuhkan dua hal. Hal pertama melakukan research terhadap role atau posisi dan perusahaan tujuan. Dalam hal ini, Devi menekankan para jobseeker bukan hanya seksdar apply. Jobseeker juga harus memperhatikan posisi lamaran sesuai dengan background studi, pengalaman, dan motivasinya di awal atau tidak.

“Kalau sudah melakukan research, selanjutnya adalah job hunt. Kalian bisa mencari info lowongan melalui website perusahaan, Universitas’ Career Center, Job Portal, sosial media, atau cara lainnya,” jelas Devi.


3 Kunci Interview

Terkait dengan what I do to win, menurut Devi ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan saat lolos ke tahap interview. Dia menyebutkan ada tiga moment yang sangat krusial dalam sesi interview, yakni first impression, cara menunjukkan kelemahan diri, dan tahap terakhir saat employer menanyakan pada kita ‘apakah ada pertanyaan?’.

“Ketiga moment itu adalah yang terpenting. Kalian harus benar-benar mempersiapkan diri, penampilan, dan gain insight on a candidate’s skill, experience, personality,” pungkasnya.


Penulis: Nikmatus Sholikhah

Editor: Feri Fenoria

Sumber: http://news.unair.ac.id/2021/08/30/3-hal-penting-yang-perlu-diperhatikan-para-pencari-kerja/




Link
Dilihat 288 kali