Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Tips Kelola Toko Online dari Ahlinya

Artikel | 11 Oktober 2021 03:37 wib
UNAIR NEWS – Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Karir Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) sudah memasuki seleksi tahap 3. Guna mengawali sebelum beranjak dalam proses seleksi berikutnya, DPPKKA menggelar webinar dengan topik Optimasi Toko Online pada Jum’at (24/09).



Prof. Dr. Elly Mundaziroh drg., MS. selaku ketua DPPKKA UNAIR turut hadir dalam Webinar bertajuk Bootcamp PMW tahap 3 tersebut. Dalam sambutannya ia memberikan apresiasi terhadap seluruh mahasiswa yang telah berhasil lolos hingga ke tahap 3. Dirinya berharap, tim yang sudah lolos hingga fase ini bisa memaksimalkan dan memanfaatkan program pendampingan sehingga bisa mendapatkan bekal untuk mengembangkan bisnisnya.


“Apalagi kemarin saya juga dengar, dari program mentoring ada yang omzetnya naik hingga Rp. 19 Juta, ini menunjukkan bahwa adik-adik sebetulnya bisa, kita sudah fasilitasi dengan mentor-mentor yang hebat jadi harapannya hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Ronni Afriandy yang merupakan Head of Acquisition Bhinneka.com hadir sebagai pemateri. Dirinya membagikan seputar cara dan tips ketika ingin membangun sebuah bisnis dalam dunia e-commerce.


Dirinya menjelaskan, dalam dunia e-commerce kemampuan menyediakan konten yang menarik serta konsistensi dalam digital marketing adalah sebuah kunci. Selain itu, pemilihan skema atau kanal penjualan juga dapat menentukan akselerasi dalam ekspansi bisnis yang kita rintis.


“Saat ini adalah era-nya omni-channel, dimana kita mengintegrasikan kanal penjualan baik itu offline maupun online,” ujarnya.  Ia melanjutkan, dengan skma omni-channel, kanal online tidak menggantikan yang offline namun untuk memperkuat dan sebagai media akselerasi.


Ronni menjelaskan, dalam dunia e-commerce, gerbang utama yang menentukan apakah pembeli ingin membeli produk kita adalah tampilan dan konten produk. Ia menganalogikan bahwa konten dari produk adalah sebuah salesman jika ingin terjun dalam dunia e-commerce.


“Ketika memasang produk dalam e-commerce, mulai dari harga, deskripsi, foto dan identitas produk serta konten yang dicantumkan dalam marketplace harus kita kemas produk sesuai dengan ilmu psikologi marketing dan sejelas mungkin,” tandasnya.


Ia juga menuturkan untuk selalu meminta pelanggan  memberikan respon terhadap produk kita sebagai bahan evaluasi. Jangan lupa juga untuk memberikan respon terhadap feedback yang diberikan.“Hal itu menunjukkan bahwa kita aware terhadap kepuasan dari para pembeli sehingga meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan pembeli untuk berlangganan dengan kita,” ungkapnya.


Pada akhir, Ronni menyampaikan terima kasih DPKKA UNAIR karena sudah memberikan Bhinneka.com kepercayaan untuk berbagi pengalaman. Ia berharap dari program ini, bisa melahirkan para wirausahawan muda yang kreatif dan mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan global. “Saya harap apa yang saya bagikan ini bisa memberikan wawasan baru yang bermanfaat bagi teman-teman sebagai modal mengembangkan bisnisnya,” pungkasnya.



Penulis: Ivan Syahrial Abidin

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: UNAIR NEWS

Link
Dilihat 84 kali