Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

4 Alasan Mengapa Masa Muda adalah Waktu yang Tepat untuk Mulai Berbisnis

Artikel | 30 Nopember 2021 08:40 wib
DPKKA UNAIR - Memiliki uang sendiri di masa muda nampak menyenangkan, oleh karena itu banyak anak muda yang ingin berbisnis. Namun banyak sekali hal yang menjadi halangan anak muda untuk mulai berbisnis. Mulai dari kesibukan kuliah hingga masih tidak memiliki modal. Lantas, mengapa kita sebaiknya memulai bisnis di usia muda? Yuk simak informasi berikut!


Pada Webinar Airlangga Entrepreneur Club yang bertemakan "Berani Bisnis: Muda, Berdaya & Berkarya" (25/11), Vicki Arde secara ekslusif memberikan wawasan seputar dunia bisnis. Menurut Direktur PT Shinmas Jaya Bahari itu, masa muda merupakan golden age untuk memulai bisnis. Dihadapan 230 peserta yang menghadiri webinar siang itu, Vicki memaparkan empat alasan mengapa masa muda adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

 

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENCOBA

Anak muda masih memiliki semangat dan kesehatan yang prima, oleh karena itu anak muda bisa jauh lebih berdedikasi ketika membangun bisnis. Selain itu, anak muda juga memiliki “jatah gagal” yang masih banyak karena belum punya banyak tanggungan.


MASUK DI ERA EKONOMI DIGITAL

Salah satu masalah yang sering menghambat anak muda untuk berbisnis adalah modal. Namun di era ekonomi digital seperti sekarang hal tersebut bisa diatasi, Anak muda yang paham teknologi, bisa menggunakan crowdfunding maupun program inkubasi untuk memodalinya.


MUDAH MENCARI TEMAN BERKOLABORASI

Anak muda tentunya mudah untuk bersosialisasi dengan yang lain, terutama di era digital seperti ini, Anak muda kini bisa mencari banyak relasi baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Dengan relasi yang banyak, maka berarti banyak rekan juga yang bisa membantunya.


SALAH SATU CARA MEMBANGUN NEGARA

Indonesia kini masih terjebak dalam statusnya sebagai negara berkembang, salah satu penyebab hal itu terjadi adalah presentase entrepreneurnya yang masih 3%. Dengan anak muda yang semarak membangun bisnis, hal ini bisa membantu memperbanyak lapangan kerja.

 

Itulah empat alasan mengapa masa muda merupakan waktu yang pas untuk memulai bisnis menurut Vicki Arde. Kamu juga bisa membaca artikel seputar pengembangan bisnis lainnya di sini!

 

 

Penulis: Andito Urvisa Padmanaba

Editor: Seila Shofyan
Link
Dilihat 102 kali