Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Langkah Awal Memulai Rencana Karier Sejak Mahasiswa

Artikel | 05 Desember 2021 01:59 wib
DPKKA UNAIR - Dinyatakan lulus dari kampus bukan berarti akhir dari masalah yang kamu hadapi, lalu apa yang harus disiapkan? Mau cari kerja, tapi tidak ada kemampuan khusus? Ingin daftar LinkedIn tanpa pengalaman kerja? atau, bingung ingin kerja jadi apa?


Setelah fresh graduate, mencari pekerjaan tampak susah karena berbagai masalah terutama persiapannya. Selama menjadi mahasiswa, informasi rencana karier jarang dibicarakan dalam kelas kuliah. Maka, sebelum mencari pekerjaan, memulai rencana karir sangat diperlukan.


Untuk memulai rencana karier, dapat diterapkan sejak mahasiswa. Tentunya rencana karier sebagai poin penting dalam perjalanan karir kedepannya. Diennul Chayra selaku narasumber dalam Career Elevator : How to Start Your Professional Journey memberikan langkah awal memulai rencana karier kepada 157 lebih peserta melalui Zoom dan Youtube (02/12).



Membuat Personal Branding

Tidak hanya fresh graduate, mahasiswa bisa membangun personal branding dengan membuat akun LinkedIn. Dari LinkedIn, kamu bisa dapatkan jaringan dengan orang-orang yang sesuai minat dan passion, lowongan kerja, hingga kesempatan mengembangkan kemampuan.


Siapkan CV yang sederhana seperti rapi, jelas, dan terdapat aspek profesional. Manfaatkan semaksimal mungkin kesempatan selama menjadi mahasiswa, misalnya magang, organisasi, project bareng dosen untuk mencapai perjalanan karir.


Tetapkan Peluang Target

Tentukan target karier kedepannya, mulai membangun bisnis sendiri, freelance, kerja di startup atau kerja di perusahaan. Kenali peluang dan konsekuensi dari rencana karier yang kamu pilih, kemudian sesuaikan dengan kemampuan. 


Lakukan ini Sebelum Menyelesaikan Rencana Perjalanan Karir

  • Riset tentang perusahaan yang kamu tuju, kepemimpinan perusahaan, budaya dan lingkungan kerja dari perusahaan.
  • Pertimbangkan faktor penting apa saja yang membantu kamu untuk menunjang tujuan perjalanan karier
  • Pastikan kamu paham terhadap manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Analisa posisi yang kamu lamar sebagai batu loncatan pada perjalanan karier kedepannya.

Perjalanan Karier = Proses Tiada Akhir

Dalam memulai perjalanan karier selama hidup, kita tidak mengenal kata selesai, atau proses tiada akhir. Apabila rencana karier kamu tidak berjalan lancar, anggap sebagai hal yang wajar dan jadikan batu loncatan untuk mencapai perjalanan karir yang lebih baik.




Penulis: Balqis Primasari


Link
Dilihat 210 kali