Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Wujudkan Impian Kuliah di Luar Negeri Tanpa Biaya

Artikel | 22 Desember 2021 04:04 wib
DPKKA - Kalau punya kesempatan kuliah di luar negeri pasti menjadi pengalaman yang luar biasa, apalagi tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Memang bisa? Tentu bisa, biaya memang salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan, apabila kamu benar-benar menyiapkan tekad, tenaga, dan pikiran yang kuat untuk memperjuangkan impian kuliah di luar negeri.


Banyak dari fresh graduate dan mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan kuliah di luar negeri, namun hanya beberapa dari mereka dapat menghadapi berjibun masalah dari persiapan hingga proses seleksi.

Webinar series IKA United States “Living in The US with Student Visa – An Experience” yang diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) dan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UNAIR) melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube.



Ngobrol Bareng Alumni USA 

Ketiga narasumber yang dihadirkan pada webinar, adalah Daddy Isherdianto dari DHL Global Cabang Amerika, Hartini Lim, akuntan senior di Washington, dan Tubagus Muhammad Y. R. dari Master of Business Administration (MBA) di Universitas Cornell. Tema tentang pentingnya visa hingga persiapan kuliah di luar negeri dibahas dalam webinar yang dihadiri sebanyak 157 lebih peserta pada Jumat (10/12/2021).


Pada sesi pertama, alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga memaparkan pentingnya peran visa di Amerika, “US memiliki banyak jenis visa dan bergantung dari apa tujuan kamu datang yang ingin berwisata, belajar, bisnis, atau menetap dan tinggal di Amerika. Pastikan apabila ingin masuk ke US diwajibkan secara legal dengan visa yang tepat,” jelas Daddy Isherdianto.


Selanjutnya, Tubagus memberikan pesan kepada mahasiswa yang memiliki impian kuliah di luar negeri bahwa impian tersebut dapat diwujudkan tanpa mengeluarkan biaya. Berikut langkah-langkah merencanakan dengan jelas persiapan kuliah di luar negeri:


  • Tentukan jurusan dan universitas mana yang kamu inginkan dengan detail, mulai alasan memilih jurusan dan universitas, dampak baik yang kamu berikan pada diri sendiri dan negara. Ceritakan rekam jejak perjalananmu sebagai alasan kamu melanjutkan kuliah di luar negeri, bahkan tokoh publik yang menjadi inspirasimu saat mendorong semangat kamu melanjutkan kuliah.

  • Setelah mengetahui alasan kamu saat memutuskan jurusan dan universitas di negara mana, kemudian lakukan riset untuk memastikan dirimu sendiri benar-benar berangkat kuliah di luar negeri. Baca syarat pendaftaran yang dibutuhkan, seperti, surat rekomendasi dari dosen di universitas sebelumnya atau cari informasi mengenai beasiswa terutama interviewnya.

  • Beasiswa yang akan kamu ambil memiliki peran penting dalam mewujudkan impian kuliah di luar negeri tanpa mengeluarkan biaya. Informasi terkait beasiswa mana saja yang mau membiayai kamu dengan jurusan tersebut, seringkali beasiswa juga mengajukan esai sebagai syarat sebelum melakukan interview. Minta bantuan kakak tingkat atau temanmu yang pernah kuliah di luar negeri untuk meninjau esai yang akan kamu ajukan pada beasiswa tersebut. Lalu, interview. Jelaskan alasan kamu, sebagai penerima yang pantas menerima beasiswa.

Hartini Lim, alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyampaikan kuliah di luar negeri menjadikan kamu melakukan kegiatan apapun itu sendiri, tidak bisa bergantung pada siapapun. “Kamu harus independen, mempertimbangkan rencana kuliah di luar negeri dari tempat, cuaca, atau makanan itu penting. Biaya itu memang penting, namun bukan masalah saat kamu memiliki catatan akademik yang bagus.”



Penulis: Balqis Primasari

Link
Dilihat 146 kali