Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Atasi Kegagalan dengan Growth Mindest

Artikel | 22 Desember 2021 06:46 wib
DPKKA - Siapa yang tidak pernah jatuh saat pertama kali naik sepeda? Pastinya jatuh dan menangis semasa anak-anak dahulu, merasa gagal mendapatkan sesuatu. Tidak hanya itu saja. Di kampus, kamu sebagai mahasiswa selalu menjadi harapan keluarga, untuk menyelesaikan skripsimu yang sering ditanya keberadaannya. Belum lagi, sehabis lulus ada tuntutan mencari kerja. Adanya sambatan hingga mengutuk diri sendiri dengan kata gagal. Repot~



Gagal selalu dinilai buruk, membuang waktu, tidak mencapai target, dan sebagainya. Beberapa mahasiswa yang pernah mengulang mata kuliah semester sebelumnya tentu merasa gagal, namun mereka tetap mengikuti kelas tersebut dengan lebih giat. Di sisi lain, kegagalan termasuk proses belajar dalam suatu kehidupan, dan banyak jenisnya tergantung manusia itu sendiri. Memang sulit untuk menghadapi bahkan mengatasi kegagalan, serta tidak mustahil untuk dilakukan.



Berbagai cara kegagalan dapat dikalahkan dengan persiapan yang benar, salah satunya melalui Growth Mindset. Pola pikir ini dilembangkan pertama kali oleh Carol Dweck dalam bukunya berjudul Mindset: The New Psychology of Success. Psikolog dari Universitas Stanford menjelaskan bahwa Growth Mindset bisa mengatasi kegagalan.


Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) bersama dengan Kognisi mengadakan webinar yang membahas tentang Growth Mindset sampai implikasinya terhadap pengembangan diri pada Kamis (16/12). Webinar bertajuk “Terbentur, Terbentur, Terbentuk” mengundang Diptraya P. Ratulangi dari Kognisi menjadi narasumber dalam diskusi yang dihadiri sebanyak 100 lebih peserta. 


Penulis: Balqis Primasari

Link
Dilihat 127 kali