Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Tahun Baru Terobosan Baru, DPKKA UNAIR Luncurkan Website Entrepreneur

Headline News | 10 Januari 2022 02:23 wib
UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Penutupan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) pada Minggu (26/12/2021). Program yang telah dimulai sejak bulan Mei 2021 itu menghasilkan 76 awardee dalam berbagai macam bidang usaha. Lima diantaranya berfokus membangun start up pada bidang pendidikan. Tidak hanya itu, PMW 2021 juga memunculkan beberapa produk baru, mulai dari pertanian hingga kecantikan.


Dalam sambutannya, Prof. Dr. Elly Munadziroh drg., MS. mengharapkan, para awardee akan terus konsisten mengembangkan bisnisnya, meskipun PMW telah ditutup. Ia juga menyampaikan, DPKKA akan terus berusaha membantu peserta PMW dalam mempertahankan bisnisnya. 


“Pengembangan-pengembangan terus kami lakukan untuk mendukung bisnis peserta PMW, salah satunya bekerjasama dengan marketplace. Sehingga, bisnis mahasiswa akan terus meningkat dan harapannya dapat menjadi wirausahawan terbaik,” tuturnya. 


Selanjutnya, Yanuar Nugroho, SE., M.Sc.,Ak menyampaikan, DPKKA juga membuat sebuah komunitas untuk para alumni dan peserta PMW. Ia mengharapkan, komunitas tersebut akan membantu para peserta bertukar pikiran dalam mengembangkan bisnisnya. 


Pada kesempatan tersebut, DPKKA sekaligus melakukan soft launching sebuah website yang berguna sebagai marketplace bagi pelaku usaha jebolan PMW. Dalam hal ini DPKKA turut bekerjasama dengan Bhinneka, sehingga jangkauan menjadi lebih luas.


“Website Entrepreneur ini memiliki beberapa fitur. Dalam website ini, peserta dapat melihat bisnis-bisnis yang telah dirintis oleh peserta PMW. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat jejak kewirausahaan para peserta PMW. Dapat langsung mendaftar dan melihat seminar atau workshop yang diadakan oleh DPKKA. Kemudian, pengunjung dapat melihat mentor-mentor yang terlibat dalam PMW,” tutur Yanuar.


Selanjutnya, Osman Nur Chaidir selaku Koordinator Komunitas PMW menyampaikan, Komunitas PMW UNAIR memiliki empat program utama. Di antaranya, coffee time with mentor, funding week, pengelolaan website Entrepreneur, dan marketplace PMW.


“Dalam coffee time with mentor, kita mengadakan acara bincang rutin tidak hanya dengan mentor, program ini juga mengundang para wirausahawan dan awardee PMW sebelumnya. Sementara itu, dalam funding week merupakan program yang kami harapkan dapat mendekatkan para anggota dengan dunia pendanaan,” ungkapnya.


Pada akhir sesi, beberapa awardee dan mentor memberikan testimoninya selama mengikuti PMW. Amelia Puspa Ranti selaku awardee menyampaikan, PMW membuat ia mendapat banyak pelajaran hingga wejangan dalam berbisnis, salah satunya dalam pemilihan warna logo usaha. Ia juga mengharapkan, PMW ke depan akan banyak memberikan materi-materi yang dapat diterapkan dalam bisnis yang ditekuni para pesertanya. (*)



Penulis: Alysa Intan Santika

Editor: Nuri Hermawan
Sumber: UNAIR NEWS


Link
Dilihat 55 kali