Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Mahasiswa Wirausaha di UNAIR

Berita Umum | 13 April 2022 06:04 wib
UNAIR NEWS – Kamu mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) yang memiliki banyak minat pada bidang kewirausahaan? Kamu, tampaknya, cocok untuk bergabung dengan komunitas baru di UNAIR ini. Ya, namanya adalah Komunitas Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Komunitas ini adalah salah satu komunitas mahasiswa yang berada di bawah naungan Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR. Secara resmi, Komunitas PMW dibentuk pada Januari 2022 dengan Ketua Osman Nur Chaidir. 


“Jadi, karena kemarin kan banyak mahasiswa yang sudah lolos terus hilang (tidak aktif lagi di DPKKA, Red),” terang Osma ditanya soal latar belakang pembentukan komunitas tersebut.


Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) UNAIR itu menambahkan, komunitas PMW juga dibentuk sebagai upaya menaungi seluruh mahasiswa yang lolos pendanaan dalam program kewirausahaan pada 2021. Dengan begitu, iklim wirausaha di UNAIR didorong dapat terjaga dan ditularkan kepada mahasiswa yang lain.


“Sehingga program ini untuk menindaklanjuti hal tersebut agar kegiatan wirausaha yang sudah mereka bentuk dapat dilanjutkan kembali,” ujarnya.


Saat ini total ada 13 mahasiswa yang tergabung dalam komunitas tersebut. Mereka berasal dari rumpun fakultas yang beragam, bukan hanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Mulai Fakultas Sains dan Teknologi (FST); Fakultas Ilmu Budaya (FIB); Fakultas Kedokteran Hewan (FKH); Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM); Fakultas Vokasi (FV); Fakultas Keperawatan (FKp); Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin; hingga Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK).


Airlangga Market

Osman menyatakan, komunitasnya telah menyiapkan sejumlah program kerja dalam waktu dekat. Salah satunya, Komunitas PMW bakal menggelar Airlangga Market.


“Jadi, Airlangga Market ini harusnya April, tapi dipercepat di Maret. Program kerja lainnya juga akan menyusul, sekaligus menunggu SK turun,” ungkapnya.


Selain itu, imbuh Osman, Komunitas PMW berharap dapat menjalin kerja sama dengan berbagai mitra. Baik di lingkungan terdekat UNAIR maupun di luar. 


“Kalau kerja sama itu pasti ya. Karena di sini kita juga ada program kerja mentorship jangka panjang. Kita juga telah bekerja sama, seperti dengan Seibu Digital dari Telkom,” katanya


Program Komunitas

Ke depan PMW berharap dapat memperluas manfaat ke seluruh jejaring mahasiswa, terutama yang mendaftar PMW. Meski demikian, bukan berarti Komunitas PMW tidak terbuka dengan mahasiswa lainnya. Selama berminat dengan dunia usaha komunitas itu akan mewadahi.


“Sangat mungkin kita melakukan pembinaan ke lainnya. Tapi, karena termasuk masih babat alas, kami ingin mahasiswa (UNAIR) tahu ada komunitas yang menaungi seluruh wirausaha mahasiswa ini,” ungkapnya.


Osman berharap organisasinya itu dapat menjadi komunitas terdepan yang mengembangkan ekosistem wirausaha di UNAIR. Selain itu Komunitas PMW dapat memfasilitasi mahasiwa keluar dari zona nyaman, berwirausaha. Dapat membantu mereka, baik dukungan pendampingan maupun pendanaan. 


“Kami ingin membentuk wirausaha yang andal yang tidak hanya mengacu pada profit, tapi program berkelanjutan dan kebermanfaatan yang luas,” harapnya.



Penulis: Rosita

Editor: Feri Fenoria

Sumber: UNAIR NEWS

Link
Dilihat 51 kali