Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

DPKKA UNAIR: PENTINGNYA MENGETAHUI MINAT KARIR SEDINI MUNGKIN

Headline News | 14 April 2022 07:12 wib
Apa sih alasan dari beberapa orang sukses yang setuju bahwa minat sangatlah penting dalam berkarir? Yap, mereka melakukan karirnya dengan semangat karena mengikuti minatnya bahkan dapat mencapai kesuksesan. Kisah sukses mereka membuktikan bahwa apabila keterampilan memenuhi minat dan hasrat maka hal itu bisa menghasilkan prestasi. Tapi apakah minat benar- benar penting? pertanyaan ini mungkin selalu berada di benak kalian semua. Yuk cari jawabannya!


MINAT KARIR MEMBUATMU MENCINTAI PEKERJAANMU

Bagi banyak orang, minat menjadi faktor pendorong motivasi kebahagiaan. Ketika kamu menyukai apa yang kamu lakukan, kamu akan selalu mengedepankan kinerja yang sangat baik dan berusaha terus mempelajarinya, hal ini juga membuatmu percaya diri dengan apa yang kamu minati. Karena hal itu yang kamu sukai, kamu tidak akan memiliki kesempatan untuk bermalas-malasan melainkan kamu akan terus bersemangat dan bekerja dengan keras. 


MINAT KARIR MEMPENGARUHI KINERJA

Banyak yang setuju bahwa keselarasan antara minat dan lingkungan mempengaruhi etos kerja dan hasil kinerja. Ini menunjukkan bahwasannya ketika karir selaras dengan minat, pastinya akan ada motivasi untuk menentukan tujuan karir yang lebih tinggi dan berani mengambil resiko serta memutuskan sesuatu dengan mandiri. Tentunya, semua ini bisa meningkatkan potensi untuk karir kedepannya. 


MINAT KARIR MEMBUATMU TAK MUDAH TERTEKAN

Menentukan minat karir juga membuatmu lebih mudah untuk mengembangkan inovasi, mengapa demikian? Karena semakin tinggi minatmu akan bidang yang kamu tekuni, semakin terpicu dirimu untuk terus berinovasi. Di sisi lain, inovasi akan mudah datang apabila kamu memiliki minat dan menikmatinya. Kamu tidak akan mudah tertekan dengan segala tantangan yang diberikan, just enjoy every pressure! Dengan pentingnya antusianisme dalam melakukan pekerjaan, pada akhirnya kamu akan memilih hal yang membuatmu berminat!


BAGAIMANA CARA MENGETAHUI MINAT KARIR DALAM DIRI?

Minat karir tak bisa didapatkan begitu saja. Kamu perlu mengeksplor banyak bidang yang membuatmu tertarik hingga akhirnya kamu menemukan satu bidang yang membuatmu "klik". Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai media untuk membantumu dalam mengetahui minat karirmu yang sebenarnya.


Salah satu media yang bisa membantumu untuk mengetahui minat karirmu adalah Career Interest Assessment. Program asesmen ini bisa kamu ikuti di beberapa platform karir atau job-portal, salah satunya di DPKKA UNAIR. Dengan mengakses web DPKKA UNAIR, kamu bisa memanfaatkan program Career Interest Assessment secara gratis dan tentunya dengan hasil yang terpercaya.


Selamat berpetualang dalam menemukan minat karirmu!




Penulis: Alisyah Putri Ramadhina 

Editor: Seila Shofyan

Link
Dilihat 144 kali