Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Pebisnis Pemula Wajib Tahu 3 Hal Penting untuk Sukses dalam Dunia E-Commerce

Artikel | 17 Mei 2022 04:19 wib
UNAIR NEWS – Di era serba digital perkembangan teknologi semakin pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya inovasi yang dapat mempermudah seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, salah satunya yaitu adanya e-commerce atau penjualan secara elektronik. E-commerce dapat memudahkan seseorang untuk berbelanja tanpa datang langsung ke tempatnya. Hal ini dapat menjadi peluang bagi para pebisnis untuk memasarkan produknya secara online sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran.


Untuk itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR gelar webinar dengan tajuk “E-Commerce Management” guna memfasilitasi mahasiswa yang tergabung dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk mengembangkan bisnisnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (14/5/2022) melalui platform Zoom Meeting. Menghadirkan narasumber yang ahli dibidang e-commerce yaitu Ignasius Dwi Sagita Christy, dirinya membagikan beberapa tips and trik agar produk dapat eksis di laman e-commerce.


Pada kesempatan tersebut, Ignasius menjelaskan bahwa terdapat tiga pilar utama untuk mengetahui algoritma dalam e commerce seperti lazada yaitu relevansi, rasio klik, dan tingkat konversi. “Relevansi yaitu bagaimana caranya supaya produk kita itu relevan, kemudian ada rasio klik yakni bagaimana caranya supaya orang dari melihat menjadi mau ngeklik dan yang terakhir yaitu tingkat konversi,” jelasnya. 


Ignasius menambahkan bahwa ketiga algoritma dalam e-commerce dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut seperti judul produk, tingkat konversi, tingkat klik, user property, penjualan satu minggu terakhir, penjualan tiga puluh hari terakhir, peringkat, badge dan ulasan. Menurutnya faktor yang paling dominan mempengaruhi algoritma e-commerce adalah judul produk.


“Makanya kita harus pastikan judul produk kita mengandung informasi yang cukup untuk keyword yang related dicari konsumen,” tuturnya. 


Tak hanya itu, Ignasius menyatakan bahwa untuk memperluas pemasaran produk maka diperlukan sebuah kolaborasi dengan harapan produk dapat dikenal banyak orang. “Kalau produk kita baru, orang belum banyak yang tahu, tapi dengan kolaborasi contoh kerjasama dengan artis kalau waktu lagi pandemi maka semua orang pasti mencari artis dan kita bisa memanfaatkan keyword-nya tadi,” ujarnya.

Di akhir, Ignasius menegaskan ulang bahwa terdapat tiga hal penting dalam e-commerce yang wajib diketahui para pebisnis.


“Yang pertama adalah traffic gimana caranya orang bisa masuk ke toko kita, yang kedua yaitu conversion rate gimana caranya orang yang datang tadi akhirnya melakukan pembelanjaan, yang ketiga yaitu basket size bagaimana dari orang yang melakukan pembelanjaan tadi akhirnya ingin belanja lagi dan lagi,” pungkasnya.




Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: UNAIR NEWS 

Link
Dilihat 42 kali