Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

PROSPEK KARIR JURUSAN SASTRA INGGRIS

Artikel | 17 Mei 2022 06:02 wib
Bisa jadi apa aja? Menjadi lulusan atau mahasiswa bahasa dan sastra inggris pastinya sudah biasa mendapat stereotip kamus berjalan, ahli spelling, grammar nazi, hingga terkadang sering dilabeli akan bekerja di bidang itu-itu saja. Namun nyatanya, peluang pekerjaan lulusan sastra inggris sangatlah luas dengan prospek menjanjikan. Ingat bahwasannya bahasa inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia.


Mau tau prospek kerja bahasa dan sastra inggris? baca terus hingga akhir ya! 


Penerjemah 

Tak perlu dijelaskan lebih rinci lagi bahwasannya lulusan jurusan ini tentu memiliki kemampuan untuk memahami kaidah dan struktur bahasa juga berketerampilan komunikasi yang efektif. Kemampuan tersebut sangatlah dibutuhkan saat menjadi penerjemah karena profesi ini bertugas untuk menerjemahkan berbagai jenis karya sastra. Tak main-main, rata rata gaji profesi ini mencapai 60 juta per tahun.  



Content Writer

Anak bahasa pastinya suka menulis dan content writer merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari untuk jurusan bahasa. Profesi ini sangat diminati karena banyaknya bisnis yang memprioritaskan sosial media untuk pemasaran bisnis yang baik dan berkualitas dengan menulis narasi, naskah berita, blog, hingga hak cipta. Besaran gaji rata-rata profesi ini 72 juta per tahun.



Jurnalis

Kalian pastinya familiar dengan profesi ini yang merupakan profesi menantang dengan iklim kerja kompetitif serta memiliki jenjang karir. Profesi ini dapat bekerja di mana saja seperti majalah, radio, televisi, serta media online. Bagi penyuka kegiatan berkaitan dengan wawancara, investigasi, penulisan, serta pelaporan berita, ada baiknya memulai karir di bidang ini karena gajinya hingga 66 juta per tahun. Menarik bukan?


 

Humas 

Public Relation yang kita kenal sebagai Humas berperan sebagai penyambung komunikasi dengan banyak pihak. Profesi ini membutuhkan orang yang mampu menjalin hubungan baik serta menyusun strategi. Dalam hal publikasi dan komunikasi, lulusan sastra inggris tentunya tak asing lagi. Gaji rata-rata profesi ini adalah 62 juta per tahun. 



Staf Duta Besar 

Tidak menjadi hal baru bahwasannya mampu berkomunikasi berbahasa asing, inggris tentunya menjadi syarat mutlak agar dapat berkarir di kedutaan sehingga lulusan sastra inggris berpeluang bekerja di kedutaan besar Indonesia seluruh dunia. Mencengangkan, gaji profesi ini bisa mencapai 100 juta per tahun. 




Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja dari lulusan bahasa dan sastra inggris selagi mau mencari peluang dan berani berkarir. Tidak ada batasan untuk mencoba hal baru apalagi masih banyak lagi profesi yang memprioritaskan pekerjanya harus mahir berbahasa inggris. 




Sumber: CNN 


Link
Dilihat 65 kali