Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Webinar DPKKA UNAIR Ungkap 3 Poin Penting Dalam Membuat CV

Artikel | 04 Juli 2022 06:30 wib
UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menggelar Airlangga Career Days pada Selasa (28/6/2022). Bekerja sama dengan Job Portal terkemuka di Indonesia, workshop itu bertujuan membantu mahasiswa dan lulusan baru untuk memenangkan persaingan di dunia kerja.


Dalam Session #4 yang bertajuk Fresh Graduate: Are You Ready?, Partnership Specialist Nusatalent Dimas Mahardika mengungkapkan tiga poin yang harus disiapkan ketika ingin membuat CV. Pertama adalah value. Di dalam value tersebut terdiri atas tiga bagian, yakni skill, pengalaman, dan pencapaian diri.


Setelah mengetahui hal itu, sambung Dimas, selanjutnya adalah mencari apa yang dibutuhkan atau need. Di dalam poin kedua, ia berujar bahwa kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Apakah orang tersebut membutuhkan uang, pengakuan, atau jaminan dalam mencukupi kebutuhannya.


Nah setelah kita tahu gimana value kita, apa yang kita butuhkan, lalu kita berganti ke plan. Kira-kira saya mau jadi apa ya? Kira-kira saya ingin apply ke mana ya dengan skil dan kemampuan kita? Seperti itu,” ujarnya


Lebih lanjut, Dimas mengungkapkan bahwa dalam poin plan tersebut harus didasarkan pada status yang diinginkan, keuangan yang diperoleh, serta pendidikan yang ingin dijalankan. Misalnya, keinginan untuk bekerja atau melanjutkan studi S2.


“Jadi, sebelum membuat CV, kita harus mengetahui siapa diri kita dan apa yang kita punya,” tegasnya. (*)


Penulis: Affan Fauzan

Editor: Feri Fenoria

Sumber: unair.ac.id/news

Link
Dilihat 14 kali