Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Tips Fresh Graduate Berhasil di Dunia Kerja Ala Nusatalent

Artikel | 04 Juli 2022 06:31 wib
UNAIR NEWS – Fresh Graduate atau lulusan baru di masa ini dituntut untuk lebih cepat beradaptasi ketika memasuki dunia kerja. Agar tidak tertinggal dan dapat memenangkan persaingan, Emmanuella Reika, Selaku Partnership and External Relations Manager dari Nusatalent memberikan tips berhasil di dunia kerja kepada mahasiswa dan lulusan baru.


Menurut Reika, poin pertama yang harus dilakukan lulusan baru adalah mencari informasi tentang persiapan karir. Hal ini dapat membantu menemukan pekerjaan yang tepat dan sesuai. Lalu, poin kedua adalah membuat daftar value diri, yang terdiri dari pengalaman, pencapaian dan kemampuan. Mencari informasi lowongan pekerjaan.


“dari Universitas Airlangga sudah mempersiapkan, mencari rekan job portal, untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Jadi udah enak banget informasi lowongan kerja tinggal lihat saja, cocok atau tidaknya,” Ujarnya.  


Poin selanjutnya, lanjut Reika, adalah membuat CV yang sesuai. CV harus menarik dan tidak hanya satu jenis saja yang dikirimkan ke berbagai perusahaan, namun harus dibuat sesuai dengan posisi yang diinginkan pelamar. Selain itu, salah satu poin di CV yakni surel, harus dibedakan mana yang profesional untuk pekerjaan dan mana yang digunakan sebagai surel pribadi.


Untuk terus mendapatkan informasi  pekerjaan dan data diri terkini, sambung Reika, maka kita perlu update profil LinkedIn. Salah satunya adalah membuat personal branding secara profesional. Dengan membuat profil yang profesional, pelamar akan mendapatkan informasi dua arah, baik dari diri sendiri maupun dari perusahaan lain yang ingin melihat profil pelamar.


“Dan terakhir adalah persiapan untuk interview. Ini adalah to-do list yang teman-teman lakukan supaya siap mencari kerja,” Imbuhnya.

Paparan tersebut merupakan bagian dari acara Airlangga Career Days yang bertajuk Fresh graduate : Are You Ready? Yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA UNAIR) pada Selasa (28/6/2022).


Penulis: Affan Fauzan

Editor: Feri Fenoria

Sumber: unair.ac.id/news

Link
Dilihat 27 kali