Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Mengenal Jobstreet by SEEK dalam Menunjang Karir

Artikel | 04 Juli 2022 06:33 wib
UNAIR NEWS – Banyaknya pelamar pekerjaan dengan minimnya lapangan pekerjaan yang linier saat ini menjadi pemicu banyaknya pengangguran. Mengentaskan hal tersebut, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR selenggarakan Airlangga Career Days (ACD) bersama dengan Jobstreet by SEEK pada Jumat, 29 Juni 2022.


“Untuk merubah karir ataupun industry perlu adanya up skilling dan reskilling, kalau dulu tidak ada tik tok dan sekarang ada tik tok nanti gimana caranya kita melakukan branding di tik tok,” buka Sawitri Herteto, Country Marketing Manager sekaligus keynote speaker ACD

Sawitri menuturkan bahwa pasar tenaga kerja akan berkembang seiiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam berbagai bidang.


Persaingan Industri 4.0


Dalam industri 4.0 terdapat mekanisme Cyber physical System yang mana semuanya saling terhubung, data akan terkoneksi ketika seseorang mengakses satu platform tertentu. Hal itu mendukung prediksi Indonesia ke depan akan menempati posisi 56 % lapangan pekerjaan beralih ke otomatisasi.


“Jadi kebanyakan akan menggunakan mesin ataupun robot. Oleh karena itu pertanyaannya adalah bagaimana kita sebagai manusia bisa bersaing dengan Artificial Intelegent seperti robot,” tegas Sawitri


Mengenali hardskill maupun softskill diri menjadi kunci utama untuk bersaing. Selain itu komunikasi efektif dapat membantu kita dalam interview unutk mendapatkan pekerjaan. Hal yang tak kalah penting adalah pembentukan mental tidak mudah menyerah yang berhubungan dengan control emosi untuk meningkatkan etos kerja.


“Kalau kita punya personal intelegent (Kecerdasan pribadi dalam mengendalikan emosi, red.) yang baik, kita bisa menerika kritik itu sebagai masukan kita juga bia memilah mana kritik yang sifatnya membangun atau kritik yang didasarkan dengan alasan yang tidak kontruktif,” ujar Sawitri


“Yang namanya dunia itu berubah, Changes is the only constant, perubahan adalah sesuatu yang selalu konstan,”

Konsumen dan kompetitor selalu berubah sehingga sebagai produk maka harus mampu megikuti perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut juga berhubungan dengan teknologi.


Manunjang Karir Melalui Jobstreet


Setiap perusahaan memiliki kultur yang berbeda-beda sehingga penting unutk mengenali perusahaan sebelum melamar baik. Pemenuhan profil juga diperlukan utamanya email dan contact person.


“Jobstreet akan memberikan rekomendasi sehingga pemenuhan profile ini akan membantu pemberian rekomendasi yang pas berdasarkan data yang dimasukkan,” tegas Sawitri


Sekitar 30.000 lowongan jobstreet update setiap hari tanpa mengenal periode tertentu dalam portalnya sehingga aksesnya tidak terbatas.


Penulis : Rosita

Editor : Feri Fenoria

Sumber: unair.ac.id/news

Link
Dilihat 33 kali