Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Cara Mudah Temukan Karir Impian bersama Kalibrr

Artikel | 04 Juli 2022 06:35 wib
UNAIR NEWS – Bagi mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate, mendapat pekerjaan tentu menjadi sebuah impian. Untuk itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR memfasilitasi kebutuhan tersebut lewat Airlangga Career Days pada Kamis (30/6/2022).


DPKKA menghadirkan Glorius Paribuan selaku B2C Growth Senior Associate Kalibrr untuk membedah peluang mendapatkan karir impian. Kalibrr sendiri merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan platform untuk rekrutmen pekerja serta membantu kandidat menemukan karir yang cocok.


Dalam kesempatan virtual tersebut, Glorius memotivasi peserta untuk tidak takut melamar pekerjaan baru yang menantang. Terlebih fresh graduate sebagai pencari kerja sering tenggelam pada ketakutan dan persepsinya sendiri.


“Setiap orang memang punya jam waktunya masing-masing untuk dapat pekerjaan. Maka isi waktu teman-teman dengan beranjak dari zona nyaman,” jelasnya dalam presentasi bertajuk Dive into Kalibrr: Find Your Future Career.


Glorius pun membagikan cara jitu untuk menentukan jenis karir apa yang cocok bagi pencari kerja. Yang paling sederhana adalah pekerjaan sesuai jurusan kuliah karena fresh graduate telah menguasai teorinya. “Kita tinggal mengaplikasikannya pada pekerjaan,” imbuhnya.


Kedua adalah memperhatikan pengalaman magang yang mampu menjadi nilai tambah apabila melamar kerja. Selanjutnya adalah kepribadian psikologis di mana setiap orang memiliki kepribadian berbeda-beda yang bisa jadi cocok untuk jenis pekerjaan tertentu. Terakhir adalah keahlian, baik hard skill maupun soft skill yang bisa menjadi modal untuk memilih jenis pekerjaan.


Dari sana, Glorius memperkenalkan Kalibrr yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan BUMN dan swasta terkemuka untuk menemukan para kandidat potensial. Mulai dari Apple, Gojek, UNDP, Samsung, BNI, BCA, Toyota, Unilever, Shopee, IDN Media, dan berbagai perusahaan terkemuka lain.


Pencari kerja hanya perlu membuat akun Kalibrr dan mengisi beberapa informasi penunjang. Informasi tersebut seperti profil diri, curriculum vitae, preferensi pekerjaan, hingga pengalaman kerja. Dari sana, pelamar akan langsung dihubungkan dengan berbagai lowongan yang relevan dengan profil dan preferensi pekerjaan yang telah diisi.


Gelaran via Zoom Meeting itu sendiri menarik animo lebih dari 70 peserta. Lina Nugraha Rani SE MSEI selaku Kepala Seksi Pengembangan Karir DPKKA mengungkapkan bahwa cara tersebut menjadi upaya untuk mendukung persiapan karir mahasiswa maupun lulusan UNAIR. Berbagai judul webinar lain pun juga telah dihadirkan dalam Airlangga Career Days.


Penulis: Intang Arifia

Editor: Feri Fenoria

Sumber: unair.ac.id/news

Link
Dilihat 52 kali