Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

3 ALASAN MAHASISWA DIANJURKAN UNTUK MAGANG

Artikel | 11 Juli 2022 02:52 wib
DPKKA NEWS - Magang, satu kata yang tidak asing lagi di kalangan mahasiswa apalagi para tingkat akhir. Tentunya, kehidupan di universitas sangatlah beragam namun magang dianjurkan untuk menerapkan ilmu selama melakukan perkuliahan. Lingkungan kelas mungkin melibatkanmu dengan diskusi, debat, interaksi bersama teman sebaya, dan pengalaman belajar bersama, tetapi penting untuk mencari peluang mengembangkan konsep akademik yang sudah pelajari dalam lingkungan profesional. Jadi, saat resmi menjadi Fresh Graduate nanti, kamu sudah memiliki bekal pengalaman kerja untuk menjalani jenjang karir yang sesuai. Berikut ada tiga alasan mengapa kamu dianjurkan untuk magang


Mengasah Soft Skill dan Menambah Hard Skill


Belajar, Bertumbuh, dan yang terpenting menyiapkan karir merupakan inti dari dunia perkuliahan. Mungkin yang sudah terbiasa dengan suasana kelas, tiba-tiba menjadi suasana formal, formatif, dan mendasar yang menjadi tanggung jawab baru mengingat kamu sudah berada di lingkungan yang profesional.



Dalam hal ini, kamu dituntut untuk mengembangkan pengetahuan mengenai kolaborasi di tempat kerja, etika, dan taktik komunikasi yang kuat adalah salah satu “soft skill” penting yang hanya dapat dipelajari di tempat kerja. Dengan cara ini, magang di bidang studi yang relevan akan mengajarimu kualitas instrumental untukmengembangkan karir. Selain itu, networking dan kemampuanmu dalam berkomunikasi akan terus terlatih sehingga timbul rasa percaya diri. Begitu pula mengenai hard skill, seperti yang kita ketahui bahwa hard skill akan terbentuk karena dipelajari secara berulang melalui latihan secara berkala. Melalui magang dengan durasi yang berbulan-bulan, kamu akan memiliki hard-skill yang akan menunjang karirmu di masa depan.  




Menambah isi kolom pengalaman dalam CV 


Pengalaman kerja dalam CV adalah salah satu bagian yang penting. Dengan informasi ini, HRD bisa melihat perusahaan tempatmu bekerja sebelumnya, kesesuaian pengalaman dengan posisi kerja, dan pencapaian yang pernah kamu dapatkan di perusahaan sebelumnya. 


Dan inilah, pengalaman magangmu bisa menjadi salah satu list dalam kolom pengalaman kerja di CV karena di akhir masa magang, kamu akan mendapatkan sertifikat dari perusahaan. Sehingga, CV mu lebih stand out daripada pelamar lainnya dan membuatmu berkesempatan untuk dipanggil interview dan diterima di perusahaan impian lebih besar lho!




Berkesempatan diangkat menjadi karyawan 


Singkatnya, magang bisa disebut “a new way of interview”. Mengapa? pastinya mengenal orang baru memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi, sehingga memilih orang yang sudah dikenal dapat mempersingkat waktu karena perusahaan maupun karyawan sudah tahu kelebihan dan kekurangannya dalam pekerjaan.  


Selama masa magang, usahakan untuk selalu menunjukkan inisiatif tinggi dan menyelesaikan tugas dengan baik. Bila perusahaan terkesan dengan performance-mu, bukan tidak mungkin kamu akan diangkat menjadi karyawan tetap setelah lulus kuliah nanti. Dengan demikian, masa magangmu dapat menjadi freepass untuk karirmu selanjutnya. 



Bagaimana? cukup menjawab keraguanmu untuk memulai magang bukan? Untukmu yang ingin memiliki kesempatan magang tahun ini, jangan lewatkan MSIB kampus merdeka yang akan memberimu pengalaman di dunia profesi. 


Magang Bersertifikat Kampus Merdeka adalah sebuah program magang yang diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang telah dirancang dengan baik. Adapun Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka adalah sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri. 


Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu sekarang juga di laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id


Semoga berhasil!



Penulis: Alisyah Putri Ramadhina 

Editor: Sheila Sofyan


Link
Dilihat 75 kali