Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Webinar DPKKA UNAIR Kenalkan Peluang Karir di TikTok Shop

Artikel | 15 Desember 2022 04:28 wib
UNAIR NEWS – Saat ini, TikTok menjadi platform populer yang begitu digandrungi berbagai kalangan. Seiring besarnya popularitas tersebut, TikTok juga semakin gencar melahirkan inovasi baru. Di bidang e-commerce misalnya, TikTok meluncurkan inovasi TikTok Shop yang kini telah membuka berbagai peluang bisnis dan ekonomi. Menanggapi hal tersebut, Departemen Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR kembali gelar webinar Airlangga Career Club pada Rabu (14/12/2022) yang bertajuk “Launch Your Career with TikTok Shop”.


Webinar yang berlangsung melalui platform Zoom Meeting tersebut turut mengundang Vanessa Lim selakui APAC Early Careers dan Kania Giwangkara, HR Business Partner TikTok. Tak hanya itu, dua alumni UNAIR yang kini berkarir di TikTok Shop pun juga turut hadir, yakni Latifa Rahma dan Febpy Nurul Safrina.


Sebagai pembuka, Vanessa Lim menyampaikan bahwa kini TikTok menjadi salah satu platform yang paling banyak diunduh di berbagai penjuru dunia. Dengan misi “Inspire Creativity and Bring Joy”, TikTok tidak hanya memberikan kesenangan bagi para pengguna, tetapi TikTok juga terus membuka peluang bagi siapa saja yang tertarik berkarir di dalamnya. Hal itu ditandai dengan inovasi TikTok di bidang e-commerce yakni dengan hadirnya TikTok Shop. 


Selanjutnya, Latifa Rahma selaku alumni UNAIR sekaligus sebagai account executive TikTok Shop menjelaskan, TikTok Shop merupakan sebuah cara belanja inovatif dan baru yang menjadikan brand-brand mampu melakukan engagement serta menjual produknya secara langsung pada audiens TikTok melalui video, live stream, dan product showcase. 


Dalam proses rekrutmennya, kata Latifa, TikTok Shop mencari kandidat yang memiliki passion dan talenta yang kuat. Kualifikasi tersebut dibutuhkan untuk mendukung TikTok Shop agar mampu menjadi e-commerce baru yang inovatif, aman, dan intuitif bagi pengguna. TikTok Shop juga membuka peluang besar bagi para mahasiswa, fresh graduate, maupun kalangan profesional.


“Kita juga punya banyak banget opportunity, mungkin teman-temen yang masih mahasiswa bisa intern, atau mungkin teman-teman yang fresh graduate juga bisa, bahkan teman-teman yang sudah profesional atau punya pengalaman kerja juga bisa banget join di sini,” kata Latifa.


Menurut Latifa, berkarir di TikTok merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa saja. Pasalnya, ia sendiri telah merasa begitu banyak benefit dan pengalaman baru yang belum didapatkan di tempat lain. Selain itu, menurutnya, TikTok juga memiliki ekosistem kerja yang suportif dan menyenangkan.


“Kenapa TikTok Shop? Karena di TikTok Shop itu kita bisa embracing diversity karena kita akan bekerja sama bukan hanya dengan orang Indonesia, tapi juga dari luar. Ekosistem di sana juga menuntut kita untuk terus berproses menjadi lebih baik dan terus bisa memberikan inovasi-inovasi baru. Jadi kita nggak boleh diam saja dan hanya mengandalkan perintah saja,” kata Latifa.


Sebagai penutup, perlu diketahui pula bahwa untuk memulai karir di TikTok Shop, pemula dapat mengikuti Tiktok Shop Graduated Development Program yang merupakan program pelatihan selama 24 bulan dengan tujuan untuk mengembangkan talenta pemula agar berpengalaman di dunia e-commerce. Program ini nantinya akan melibatkan dan memberdayakan seller, berpartisipasi dalam menjalankan kampanye, membangun relasi yang kuat dengan para content creator, dan masih banyak lagi.


Penulis: Yulia rohmawati

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber: unair.ac.id/news

Link
Dilihat 353 kali