Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

DPKKA Gelar Sosialisasi MSIB untuk Berikan Gambaran Dunia Kerja Bagi Mahasiswa

Artikel | 21 Desember 2022 06:06 wib
UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) UNAIR menggelar webinar sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Melalui media Zoom meeting, webinar tersebut berlangsung pada Sabtu (17/12/2022) dengan mengundang Samuel Joan communication and community technology engagement MSIB, Devira Iftitanis Sani mahasiswa UNAIR, dan Muh Aziz Sukma selaku anggota Satgas PPKS UNAIR.


Membuka sesi pertama sosialisasi, Joan menjelaskan bahwa program MSIB ini merupakan inisiatif utama Kementerian Pendidikan RI untuk melakukan transformasi pendidikan di Indonesia sesuai dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.


“Melalui MSIB ini diharapkan lulusan-lulusan bisa dapat pekerjaan yang ‘oke’ dalam artian layak. Sementara mahasiswanya bisa mendapatkan pembelajaran di luar kampus,” kata Joan.


Lebih lanjut, Joan menuturkan bahwa MSIB yang akan memasuk batch keempat ini telah diikuti oleh ribuan mahasiswa yang berasal dari 1.826 perguruan tinggi, serta tergabung dengan sekitar 494 mitra.


Sementara itu, Devira Iftitanis Sani selaku alumni MSIB Batch 1 membagikan pengalamannya saat mengikuti program MSIB. Menurutnya, MSIB menjadi program yang tidak boleh disia-siakan oleh mahasiswa. Terlebih, memasuki batch 4 ini, beragam informasi terkait MSIB sangat mudah diakses karena adanya dukungan universitas, khususnya DPKKA UNAIR.


“Menurutku MSIB ini adalah program yang tidak boleh disia-siakan oleh teman-teman. Meskipun adanya cuma satu tahun dua kali, tapi belum tentu kita bisa diterima di setiap batch kita mendaftar. So, pokoknya jangan sampai dilewatkan,” ujar Devira.


Menutup sesi materi, Muh Aziz Sukma mewakili Satgas PPKS UNAIR memberikan penjelasan terkait pentingnya pemahaman tentang kekerasan seksual (KS) di lingkungan magang. Seiring maraknya kasus KS di berbagai tempat, Aziz mewanti-wanti mahasiswa untuk tetap waspada. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan kekerasan seksual terjadi di tempat magang.


Dalam hal ini, kata Aziz, Satgas PPKS UNAIR akan hadir dalam membantu menangani dan menjadi ‘teman’ bagi siapa saja yang mengalami atau mengetahui adanya tindak kekerasan seksual di lingkungan magang.


“Jadi teman-teman tidak usah khawatir karena kami Satgas PPKS UNAIR akan terus membantu dan menjadi teman bila sewaktu-waktu hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekerasan seksual ini terjadi di lingkungan magang kalian,” pungkasnya. (*)


Penulis: Afan Alfayad

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber: unair.ac.id/news

Link
Dilihat 235 kali