Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

BFI Finance Ajarkan Cara Menjadi Great Leader

Berita Umum | 23 Oktober 2019 11:27 wib
Kamis, 17 Oktober 2019 Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) bekerja sama dengan BFI Finance telah menyelenggarakan seminar. Tema seminar ini bertajuk Everyone Can Be Great Leader. Seminar yang diselenggarakan di Aula Parlinah Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga ini mampu menarik banyak peserta.

Nuzul Ittaqa yang merupakan area manager Surabaya BFI Finance memberikan materi dalam seminar tersebut. Beliau menyampaikan tentang apa itu leadership. Leadership diukur berdasarkan keberhasilan dalam mencapai tujuan, begitu menurut beliau menyampaikan pendapat salah satu tokoh.

Seseorang dapat membawa tugasnya dalam kelompok atau personal dengan manage yang benar. Beliau juga menyampaikan bahwa pola pemimpin tiap 10 tahun dapat berubah. Kebutuhan leader disesuaikan dengan audiencenya. Saat ini pemimpin yang diperlukan adalah yang menginspirasi, dapat memberikan solusi, dan memiliki tujuan jelas serta berkualitas.

Sabrina mahasiswa jurusan akuntansi menanyakan tentang bagaimana cara mengahadapi perbedaan persepsi di lingkungan kerja. Nuzul Ittaqa menyampaikan bahwa sebagai leader harus mengetahui terlebih dulu akar permasalahannya. Selain itu, harus melihat sudut pandang secara professional bukan personal.

            “Leader harus memiliki kemampuan bicara. Belajar kepemimpinan itu sangat perlu. Salah satu ciri kita tidak punya leadership adalah susah berbicara di dalam forum. Bahkan hanya untuk bertanya”, begitu pendapat Nuzul dalam sesi tanya jawab.  

Pembicara yang berasal dari Ponorogo ini juga menyampaikan bahwa minimal kita harus bisa memimpin diri kita sendiri, memiliki mindset positif, memahami proses dan jam terbang. Standarisasi leadership harus dipelajari. Konsisten dan memiliki komitmen kepada diri kita untuk tidak putus di jalan.

Link
Dilihat 196 kali