Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

DPKKA Gelar Webinar Bersama Ekrutes.ID dan Kalibr

Berita Umum | 26 Mei 2023 04:32 wib
UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR gelar webinar pada Selasa (23/5/2023). Acara yang bertajuk Airlangga Career Days itu berlangsung secara daring via zoom meeting. Dalam acara yang DPKKA gelar tersebut menghadirkan dua narasumber yang berasal dari perusahaan Ekrutes.ID dan Kalibr.

“Semoga seluruh mahasiswa dan alumni lebih mengenal Ekrutes.ID dan Kalibr. Hal itu karena, baik DPKKA maupun Ekrutes.ID dan Kalibr mengemban visi misi yang sama. Yakni meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas,” ungkap Lina Nugraha Rani SE MSEI selaku Kasi Pengembangan Karir DPKKA UNAIR.

Memaksimalkan Pekerjaan Pertama

Hayinah Ipmawati MPsi selaku narasumber pertama menjelaskan bagaimana Ekrutes.ID membantu mahasiswa dan alumni dalam memaksimalkan peluang kerja pertama melalui psikotes. Ia menuturkan, hal krusial saat melamar kerja adalah mengembangkan sikap baik dan memahami aturan umum pekerjaan. Selain itu, pelamar harus membangun komunikasi efektif, manajemen waktu, advokasi diri, dan transfer keterampilan. Hayin juga mendorong agar mahasiswa menerapkan ilmu yang didapatkan dari perkuliahan ke dalam pekerjaan mereka.

“Bagi mahasiswa, kalian perlu mendengarkan secara aktif serta memahami cara penyelesaian masalah ketika berkuliah. Lalu, petimbangkan juga cara mengaplikasikan konsep teoretis ke dalam konteks spesifik sebelum terjun ke dunia kerja. Intinya, para mahasiswa harus terus berlatih dan pantang menyerah,” terang psikolog di Ekrutes.ID itu.

Mengasah Keterampilan 

Narasumber kedua Galang Nur Illahi Sidik SDs menjelaskan terkait keterampilan yang dibutuhkan di masa depan. Keterampilan itu meliputi kreativitas, pemikiran kritis, manajemen diri, intelegensi sosial, dan manajemen perhatian. Brand Activation Graphic Designer di Kalibr itu juga menerangkan bahwa keterampilan tersebut harus senantiasa diasah. Menurutnya, pelamar kerja harus mempunyai kemampuan adaptasi tinggi sehingga setiap keterampilan dapat maksimal. 

“Pelamar kerja harus membuat deskripsi pengalaman kerja yang jelas. Tampilkan kata-kata bersifat kuantitatif guna menunjukkan pencapaian. Selain itu, pelamar harus mencantumkan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan impian untuk menonjolkan keterampilan-keterampilan yang kalian punyai,” pungkas Galang dalam acara webinar hari itu.



Penulis: Widiasih Fatmarani

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: UNAIR NEWS 

Link
Dilihat 126 kali