Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

DPKKA UNAIR Gandeng TAF Ulas Career Planning untuk Mahasiswa

Berita Umum | 26 Mei 2023 04:40 wib
UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama. Kali ini, DPKKA UNAIR menggandeng Toyota Astra Financial Service (TAF) dengan menyelenggarakan webinar bertajuk Know Your Career Opportunity With TAF. Acara tersebut berlangsung secara virtual pada Kamis (4/5/2023).


Hadir sebagai pemateri Ratna Maulati Rahayu Psi, selaku HR Recruitment, Organization, Culture and People Development Department Head of PT. Toyota Astra Financial Service. Dalam kesempatan itu ia mengungkapkan bahwa banyak hal-hal yang akan mempengaruhi sebuah karir.  


Menurut Ratna, untuk menyusun sebuah career planning, pertama-tama  harus paham tentang jati diri, minat, dan passion. Selain itu, value yang dimiliki. “Value sangat penting. Mengetahui value seperti apa yang sebenarnya akan membuat kita nyaman berada di suatu tempat,” tutur Ratna. 


Setelah menentukan jati diri, lanjutnya, yakni melakukan searching seluas-luasnya dan explore terhadap opportunity yang ada di luaran sana. “Yang terakhir, setelah tahu jati diri dan mencari opportunity, kita bisa melakukan pencocokan antara opportunity dengan kondisi personel kita,” tambahnya. 


Know Yourself


Knowing our self, menurutnya, menjadi hal yang sangat-sangat penting. “Jangan sampai kita membuang waktu kita untuk bekerja di suatu tempat yang bukan menjadi passion atau tempat yang ingin kita tuju,” ucapnya. 


Ratna juga mengatakan bahwa untuk menjadi sukses tidak hanya berbicara tentang kemampuan, tapi juga attitude dan effort. Dalam hal ini, jelasnya, penentu effort adalah motivasi dan sangat penting untuk menentukan kesuksesan.


“Kita tidak mungkin memberikan effort 100% jika tidak ada motivasi untuk melakukan itu. Motivasi sendiri terpengaruhi oleh minat dan passion. Maka dari itu, yang pertama harus tau dulu, saya maunya apa dan bagaimana kekuatan saya,” jelasnya.


Human Resource Challenges


Setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam merekrut anggotanya, mereka akan menarik orang-orang dengan talenta terbaik. “Definisi ‘terbaik’ setiap perusahaan berbeda-beda, bukan berdasar pada nilai IPK yang tertinggi, tapi apakah ia memiliki karakter yang cocok dan knowledge yang satu linear dengan perusahaan terkait,” ucapnya.


Selain itu, tambahnya, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang akan mencari opportunity terbaik. “Pengalaman bagus, tapi kalau orangnya baru 6 bulan sudah resign, dan berganti-ganti perusahan, perusahaan juga akan pikir panjang untuk menerimanya, karena skill belum tentu match dengan perusahaan jadi perlu untuk melakukan mengembangkan,” jelasnya.


Pada akhir ialah Adapting Hybrid Work Model. “Tidak semua perusahaan membuat working from home menjadi sesuatu yang permanen. Maka dari, perusahaan yang diinginkan harus related dengan arah karir yang dituju,” pungkasnya.



Penulis: Tia Restutika

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: UNAIR NEWS 

Link
Dilihat 186 kali