Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Nggak pernah lolos CV Screening? Tanda kamu perlu CV Tailoring!

CV Clinic | 26 Juni 2023 05:05 wib
Banyak pekerjaan di dunia ini mengharuskanmu melewati tahap CV screening sebelum bisa masuk ke tahap seleksi lebih lanjut. CV screening adalah proses penyeleksian CV oleh perusahaan untuk mencari kandidat yang paling sesuai dengan kriteria yang mereka cari. Jika kamu seringkali tidak lolos pada tahap ini, mungkin ada baiknya kamu mencoba melakukan CV tailoring.



CV tailoring adalah proses mengkustomisasi CV-mu agar lebih relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Ini berarti kamu harus mengubah atau menyesuaikan konten CV-mu untuk menonjolkan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar. 



Jadi, apa saja tanda-tanda bahwa kamu perlu melakukan CV Tailoring?



#1 Tidak Pernah Menerima Undangan Wawancara


Jika kamu secara konsisten tidak menerima undangan wawancara setelah mengirimkan CV-mu, ini bisa menjadi tanda bahwa CV-mu tidak cukup menarik bagi perekrut. 


Mungkin CV-mu tidak cukup mencerminkan keahlian atau pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Dalam hal ini, CV tailoring dapat membantu kamu menyoroti aspek-aspek penting yang lebih sesuai dengan posisi yang kamu inginkan.



#2 Konten CV Tidak Sesuai dengan Deskripsi Pekerjaan


Jika CV-mu tidak mencerminkan dengan baik kriteria yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan, perekrut mungkin akan mengabaikannya. Mereka mencari kandidat yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang spesifik sesuai dengan kebutuhan mereka. 


Dengan melakukan CV tailoring, kamu dapat menyesuaikan konten CV-mu untuk menunjukkan bagaimana pengalaman dan keterampilanmu relevan dengan posisi yang kamu lamar.



#3 Tidak Mendapatkan Feedback yang Konstruktif


Jika kamu sering kali menerima feedback yang tidak jelas atau tidak konstruktif setelah mengirimkan CV-mu, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa CV-mu perlu ditingkatkan. 


Feedback yang tepat dapat membantu kamu memahami kekurangan CV-mu dan area yang perlu kamu perbaiki. Dengan melakukan CV tailoring, kamu dapat menyesuaikan CV-mu berdasarkan feedback yang kamu terima untuk meningkatkan peluangmu dalam mendapatkan respons yang lebih positif.



#4 Tidak Mendapatkan Tanggapan dari Perusahaan yang Dilamar


Jika kamu telah mengirimkan CV-mu ke perusahaan yang kamu minati dan tidak mendapatkan tanggapan sama sekali, kemungkinan besar CV-mu tidak menarik perhatian mereka. 


Dalam situasi seperti ini, CV tailoring dapat membantu kamu menonjolkan keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan perusahaan yang kamu lamar. Dengan menyesuaikan CV-mu untuk mencerminkan nilai-nilai dan kebutuhan perusahaan, kamu dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan tanggapan dari mereka.



#5 Kamu Ingin Menonjolkan Keahlian Khusus atau Pengalaman Baru


Jika kamu memiliki keahlian khusus atau baru yang ingin kamu tonjolkan dalam CV-mu, CV tailoring bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengarahkan fokus pada keahlian atau pengalaman yang baru kamu peroleh, kamu dapat menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu memiliki potensi untuk berkembang dan menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang kamu lamar.




Dalam dunia persaingan kerja yang ketat, CV tailoring dapat memberikan keunggulan tambahan. Dengan menyesuaikan CV-mu sesuai dengan posisi yang kamu lamar, kamu dapat menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu adalah kandidat yang relevan dan layak dipertimbangkan. 


Jadi, jika kamu sering mengalami kegagalan pada tahap CV screening, cobalah untuk melakukan CV tailoring. Siapa tahu, ini bisa menjadi langkah penting untuk membantu mencapai kesuksesan dalam mencari pekerjaan impianmu.


Bagaimana dengan CV-mu? Yuk maksimalkan persiapan karirmu bareng RevoU




Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi Universitas Airlangga bersama RevoU Indonesia‚Äôs Largest Live Online Learning Community.

Link
Dilihat 876 kali