Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Tips CV Tailoring yang Efektif

CV Clinic | 04 Juli 2023 08:44 wib
Sebagai pencari kerja, salah satu tantangan terbesar yang kamu hadapi adalah membuat CV (Curriculum Vitae) yang menonjol dan berkesan di antara banyak pesaing. Menyesuaikan atau melakukan 'tailoring' pada CV kamu untuk setiap lowongan pekerjaan yang kamu lamar adalah kunci yang bisa membantu kamu melampaui rintangan ini. Artikel ini akan berbagi tips tentang cara efektif melakukan 'tailoring' pada CV kamu.



Mengapa CV Tailoring itu Penting?


CV Tailoring merupakan teknik mengubah CV kamu agar relevan dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Tujuannya adalah untuk membuat CV kamu menonjol dan memperlihatkan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Dengan menyesuaikan CV kamu, kamu menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu telah memahami tuntutan pekerjaan dan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang tepat.


Jadi, gimana sih teknik CV Tailoring yang jitu? Ini dia tipsnya!


#1 Memahami Deskripsi Pekerjaan


Sebelum memulai proses 'tailoring', pertama-tama kamu harus memahami deskripsi pekerjaan. Perhatikan apa saja kualifikasi yang dicari oleh perekrut dan catat kata kunci atau frasa penting yang digunakan. Misalnya, jika pekerjaan membutuhkan "kemampuan analisis data yang kuat", pastikan kamu mencantumkan pengalaman dan keterampilan yang relevan dalam CV kamu.



#2 Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan


Setelah memahami deskripsi pekerjaan, pilihlah pengalaman kerja dan keterampilan kamu yang paling relevan. Fokuskan pada penulisan kualifikasi kamu yang paling sesuai dengan persyaratan pekerjaan tersebut. Untuk pekerjaan yang membutuhkan kemampuan khusus, sebutkan sertifikasi, pelatihan, atau pendidikan relevan yang kamu miliki.



#3 Menyesuaikan Format CV Kamu


Format CV kamu harus mudah dibaca dan dipahami. Pertimbangkan untuk mengatur ulang bagian-bagian pada CV kamu sehingga informasi yang paling relevan ditempatkan di awal. Kamu juga bisa menggunakan subjudul untuk memisahkan pengalaman dan keterampilan berdasarkan relevansinya dengan pekerjaan yang kamu lamar.



#4 Menggunakan Bahasa yang Tepat


Gunakan kata kunci atau frase yang sama dengan yang digunakan dalam deskripsi pekerjaan. Ini tidak hanya menunjukkan bahwa kamu memahami apa yang dicari oleh perekrut, tetapi juga dapat membantu CV kamu melewati sistem pelacakan aplikasi lamaran kerja (ATS) yang sering digunakan oleh perusahaan besar.



#5 Menunjukkan Keberhasilan Kamu


Jangan hanya mencantumkan tugas dan tanggung jawab kamu sebelumnya. Sebaliknya, tunjukkan bagaimana kamu berhasil dalam peran tersebut. Gunakan angka dan data konkret jika memungkinkan, seperti "Meningkatkan penjualan sebanyak 20%" atau "Mengurangi biaya operasional sebanyak 15%".



#6 Membuat Ringkasan Profesional


Buatlah ringkasan profesional di awal CV kamu. Ringkasan ini harus meringkas keterampilan dan pengalaman kamu serta menunjukkan bagaimana kamu bisa membawa manfaat bagi perusahaan yang kamu lamar. Tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut dengan menyebutkan kualifikasi kamu yang relevan dengan deskripsi pekerjaan.



#7 Menghindari Informasi yang Tidak Relevan


Membatasi informasi yang tidak relevan atau tidak penting dapat membuat CV kamu lebih singkat dan mudah dibaca. Fokuskan pada kualifikasi dan pengalaman yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.



#8 Review dan Edit


Setelah menyesuaikan CV kamu, lakukan review dan edit. Pastikan CV kamu tidak memiliki kesalahan penulisan atau tata bahasa dan bahwa semua informasi penting telah disertakan.



#9 Minta Pendapat Orang Lain


Tips terakhir, mintalah pendapat dari orang lain. Mereka dapat membantu kamu menemukan kesalahan atau memberi saran tentang bagaimana membuat CV kamu lebih baik.




CV yang disesuaikan dengan baik dapat membuat perbedaan besar dalam proses pencarian kerja kamu. Dengan memahami apa yang dicari oleh perekrut dan menyesuaikan CV kamu sesuai dengan itu, kamu akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan wawancara dan akhirnya mendapatkan pekerjaan impianmu. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam pencarian kerja kamu!


Bagaimana dengan CV-mu? Yuk maksimalkan persiapan karirmu bareng RevoU




Artikel di atas merupakan bentuk kolaborasi Universitas Airlangga bersama RevoU Indonesia‚Äôs Largest Live Online Learning Community.




Link
Dilihat 343 kali