Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

TikTok Shop, Peluang Bisnis dan Karir Era Sekarang

Artikel | 22 Agustus 2023 02:40 wib
UNAIR NEWS – Sejak rilis pada tahun 2017, TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan aktif di Indonesia. Terbaru, aplikasi tersebut meluncurkan fitur TikTok Shop sebagai social commerce. Lantas, bagaimana kehadiran TikTok Shop dapat mendorong suatu usaha bahkan prospek karir?


Merespon fenomena itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR mengadakan Airlangga Career and Internship Club bertajuk “Seize the Trend, Let TikTok Help You Win the First Barrel of Gold in Your Career” pada Rabu (16/8/2023). Webinar kali ini menghadirkan narasumber Muhammad Bintang Arigia, head of TikTok project di PT CoolVita Maju Sehat.


Menurut Bintang, TikTok Shop adalah e-commerce berbasis konten yang menghibur dan informatif. Berbeda dengan e-commerce lainnya, ia mengatakan TikTok Shop tidak hanya menjadi platform jual beli produk, namun juga media pemasaran yang efektif.


“Tren TikTok Shop memiliki keunggulan sebagai wadah bertemunya brand dengan pelanggan, brand dengan konten kreator, dan pelanggan yang membeli produk karena pengaruh brand ambassador,” ujarnya.


Optimalisasi dalam Bisnis


Bintang menjelaskan, ada dua jenis konten yang bisa termanfaatkan untuk memasarkan produk. Pertama, siaran langsung berupa demo produk yang menghubungkan konten kreator dengan konsumen secara real-time. Kedua, konten video singkat yang bisa meningkatkan penjualan langsung, bukan sekadar endorsement.


“Sama seperti live streaming TikTok Shopshort video sekarang banyak dilirik brand besar. Sebab konten ini tidak terbatas waktu sehingga terus menghasilkan selama videonya masih ada dan semakin viral,” terang Bintang.


Strategi pemasaran itu, lanjutnya, didukung oleh operator yang berperan untuk menganalisis algoritma konten. Kemudian, host sebagai brand ambassador yang mengeksekusi konten dengan melakukan interaksi kepada penonton. Pada konten siaran langsung, host memiliki andil penting dalam menaikkan algoritma melalui komentar atau like yang diberikan penonton.


Ia juga memberikan beberapa tips promosi lewat konten siaran langsung. Yakni, membangun interaksi seru, memanfaatkan momentum yang sedang ramai diperbincangkan, serta hard selling yang menggunakan tempo cepat dan pin product.


Menjadi Talent di TikTok Shop


Lebih lanjut, Bintang menuturkan, tren konten live streaming dan short video mendorong adanya permintaan talent marketing. Kebutuhan akan pekerjaan tersebut semakin meningkat seperti konten kreator, operator, host, penyunting video, dan lain-lain.


“Selain mendukung pemasaran bisnis, TikTok Shop juga menjadi karir baru yang menjanjikan. Sekarang banyak butuh talent konten kreator dengan penghasilan yang tinggi, mendapat kesempatan mengembangkan diri, social life, dan aktualisasi,” ujarnya.


Sebagai generasi muda, menurut Bintang, dapat merangkul perubahan lanskap industri digital dengan sikap yang positif. “Misalnya, kita tidak perlu takut keluar dari zona nyaman untuk mencari pengalaman dan memperluas jaringan,” pungkasnya.



Penulis: Sela Septi Dwi Arista

Editor: Nuri Hermawan

Link
Dilihat 287 kali