Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

PPKK Selenggarakan Gathering Bersama Stakeholders

Berita Umum | 27 Desember 2019 16:35 wib
Jumat, 20 Desember 2019 bertempat di Bumi Surabaya City Resort, PPKK (Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan) menyelenggarakan gathering bersama stakeholders. Stakeholders ini terdiri atas berbagai perusahaan dari berbagai bidang. Baik dalam bidang perbankan, media, logistik, dan lain sebagainya. Gathering ini juga dihadiri Wakil Rektor IV Universitas Airlangga, beserta beberapa Wakil Dekan I dari fakultas.

Gathering ini bertujuan untuk mendiskusikan mengenai apa saja hal-hal yang diperlukan terkait kerja  sama antara PPKK dan perusahaan. Pembahasan yang banyak diperbincangkan adalah mengenai mahasiswa magang. Dari pihak PPKK menyampaikan bahwa PPKK dapat menjembatani perusahaan dengan para mahasiswa terkait magang ini.

PPKK sendiri sudah berkerja sama dengan FHCI (Forum Human Capital Indonsia) terkait dengan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB). PPKK juga membuka peluang yang sangat besar untuk perusahaan jika membutuhkan mahasiswa magang.

Beberapa perusahaan seperti Bank BNI, PT Lautan Natural Krimerindo, PT Borwita, dan perusahaan-perusahaan lainnya menyampaikan bahwa perusahaan tersebut juga membuka peluang untuk mahasiswa yang ingin magang. Kriteria yang dibutuhkan pun banyak disampaikan. Seperti PT Lautan Natural Krimerindo yang membutuhkan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi dan akuntansi.

Banyak dari perusahaan menyampaikan bahwa mahasiswa yang diprioritaskan adalah mahasiswa yang sedang duduk di semester akhir. Hal itu bertujuan agar perusahaan dan mahasiswa sama-sama mendapatkan intensitas yang lebih karena jadwal kuliah mahasiswa yang sudah tidak terlalu padat.

Perusahaan juga menyampaikan beberapa pendapat mengenai sikap mahasiswa ketika magang. Pendapat terbanyak menyampaikan bahwa kebanyakan dari para mahasiswa kurang proaktif saat berada di tempat magang. Selain itu, komunikasi dan perilaku kepada mentor maupun rekan kerja dirasa kurang ramah. Harapan ke depannya adalah sikap-sikap tersebut dapat diperbaiki, sehingga pada saat mahasiswa berada di lingkungan magang menjadi lebih komunikatif dan memiliki sikap yang lebih baik.

Kegiatan ini dimulai dengan sesi makan siang bersama pada pukul 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pada sesi diskusi pada pukul 15.00 WIB, dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Baik perusahaan maupun PPKK berharap ke depannya acara ini dapat dilanjutkan karena banyaknya manfaat yang didapatkan. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama di atas panggung.

Link
Dilihat 322 kali