Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Manfaatkan Media Digital untuk Membuka Peluang Bisnis dan Kewirausahaan

Artikel | 31 Oktober 2023 07:26 wib
UNAIR NEWS – Pemanfaatan digitalisasi media dalam membuka peluang bisnis merupakan sebuah skill yang saat ini harus banyak orang miliki. Pasalnya, tak dapat menutup mata bahwa penggunaan media digital banyak orang gandrungi. Mengikuti dan memanfaatkan teknologi sebagai media dalam mengembangkan peluang bisnis, merupakan salah kunci sukses sebuah bisnis dapat bersaing di era digital seperti saat ini.


Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menggelar webinar bertema Unlocking Opportunities in Creative Industries bekerja sama dengan Polibeli dan Star Map Agency pada Rabu (27/09/2023). Webinar berlangsung melalui Zoom serta sukses menghadirkan hampir 200 peserta.


Yanuar Nugroho selaku Kepala Pengembangan Inkubasi Kewirausahaan DPKKA UNAIR mengatakan, webinar kali ini harapannya dapat menginspirasi ide-ide yang dapat ditumbuhkembangkan kepada para peserta untuk realita nanti dalam dunia pekerjaan maupun bisnis.

Membuka Peluang Market yang Lebih Luas

Metode marketing digital dalam pengembangan bisnis ataupun kewirausahaan diartikan oleh Pramudya Lazuardi sebagai cara dalam memanfaatkan media digital untuk dapat berkomunikasi jarak jauh, pitching, menyarankan ide-ide bisnis dan memaksimalkan pemasaran market seluas-luasnya.


Memanfaatkan dunia digital dalam pengembangan bisnis memiliki potensi gapaian market yang sangat luas. Dengan menggunakan media digital, potensi market bisa sampai ke berbagai kota bahkan hingga ke luar negeri tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Selain itu, dengan menggunakan media digital, bisnis dapat menjangkau tempat yang lebih luas dan dapat memberi peluang pertumbuhan bisnis yang sangat pesat.


“Startup merupakan salah satu bentuk wirausaha yang memiliki pertumbuhan bisnis yang sangat pesat. Hal ini karena startup memaksimalkan dalam penggunaan konsep-konsep teknologi. Tidak hanya untuk pemasaran saja tetapi untuk supply chain dan untuk operasional lainnya,” ujar Pramudya. 

Penggunaan Konten Pemasaran 
Penggunaan konten yang berkualitas seperti menggunakan copywriting, foto/video dan design yang engaging dan tepat sasaran, menjadi cara yang banyak digital marketing pilih dalam memasarkan produknya. Dengan menggunakan konten yang menarik dapat menggapai audience sesuai dengan target pasar maupun pasar lainnya.

Pramudya kembali menjelaskan bahwa alasan penggunaan konten yang menarik untuk pemasaran memiliki banyak manfaat. Seperti memudahkan market dan audience, mencari produk, dan membantu menjaring audience yang sesuai dengan keinginan. Lalu, membangun brand awareness, serta membantu produk hingga mencapai ke tahap penjualan.

Baca Peluang Bisnis di Era Industri 5.0
Dalam membaca peluang bisnis, memastikan resource telah memenuhi kebutuhan merupakan hal yang penting. Seperti terpenuhinya kebutuhan sumber daya manusia, modal, barang, dan sebagainya. Peluang bisnis akan selalu ada. Maka hal yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis yaitu memanfaatkan peluang di dalam pasar yang ada.

“Di era industri 5.0, cara pemasaran akan berkutat pada tiga hal yaitu mesin, AI, dan juga konten digital. Cari fokus bidang yang akan dituju. Kemudian, maksimalkan produk kita pada bidang tersebut dan lihat bagaimana respon pasar terhadap produk yang kita tawarkan,” ucapnya. (*)

Penulis : Maryam Fauziah 
Editor : Binti Q Masruroh
Sumber : unair.ac.id/manfaatkan-media-digital-untuk-membuka-peluang-bisnis-dan-kewirausahaan

Link
Dilihat 126 kali