Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

DPKKA UNAIR Gandeng BOEING Bahas Potensi Indonesia Jadi Tempat Penerbangan Terbe

Berita Umum | 28 Desember 2023 08:32 wib
UNAIR NEWS – Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, infrastruktur penerbangan yang semakin maju, dan posisi geografis yang strategis, Indonesia telah muncul sebagai kandidat utama untuk meraih posisi prestisius sebagai tempat penerbangan terbesar 4 dunia. Dengan ribuan pulau yang tersebar di seluruh kepulauan, pengembangan bandara-bandara regional menjadi faktor krusial dalam memastikan aksesibilitas dan kemudahan perjalanan bagi masyarakat serta pelaku bisnis.


Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR menggandeng BOEING sebagai perusahaan yang menjadi produsen pesawat di dunia dalam webinar bertemakan “Sharing Boeing Experiences”. Kegiatan ini diadakan pada Kamis (14/12/2023) melalui zoom meeting. 


Kebutuhan Akan Perjalanan Udara 
Menurut data, Zaid Alami selaku Boeing Indonesia Managing Director mengatakan bahwa pada tahun 2036 Indonesia akan menjadi tempat penerbangan terbesar keempat di dunia. Hal ini yang menjadikan perusahaan Boeing tertarik untuk dapat berkontribusi dan mendukung pertumbuhan tersebut. Pertumbuhan tersebut Zaid katakan didorong oleh sejumlah faktor, dan salah satunya adalah geografi. 

“Terdapat 17.000 lebih pulau di negara ini dan ada 6000 diantaranya berpenghuni, sehingga masyarakat yang tinggal di 6000 pulau ini memiliki keinginan untuk bepergian, mengunjungi sanak keluarga, kepentingan bisnis, dan perjalanan udara sangat menjawab pada kondisi-kondisi tersebut” Ujar Zaid menjelaskan. 

Apabila melihat kondisi penerbangan secara khusus, Zaid mengungkapkan bahwa terdapat pertumbuhan akan hal tersebut. “Ketika anda melihat penerbangan secara khusus, kami saat ini melihat pertumbuhan sebesar 11% lebih dalam penerbangan. Maka akan ada banyak peluang dan banyak pertumbuhan yang datang ke negara ini dalam aspek tersebut” tegasnya.  

Bahan Bakar Berkelanjutan 
Boeing dalam menjalankan penerbangannya, mereka memiliki teknologi untuk mengembangkan bahan bakar penerbangan yang sustainable atau berkelanjutan. Bahan bakar berkelanjutan tersebut terbuat dari tujuh jalur teknologi yang berbeda. Bahan bakar tersebut banyak yang merupakan hasil limbah pertanian. 

Dalam hal ini Zaid juga mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang lebih besar dan lebih siap dalam hal ini, “Namun yang paling menarik adalah Indonesia siap untuk meningkatkan rantai nilai dan menjadi pemain utama global dalam bahan bakar penerbangan berkelanjutan” ungkapnya. 

Penulis: Maryam Fauziah 
Editor: Feri Fenoria 
Sumber : unair.ac.id/dpkka-unair-gandeng-boeing-bahas-potensi-indonesia-jadi-tempat-penerbangan-terbesar-4-dunia

Link
Dilihat 82 kali