Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

PROFIL DPKKA UNAIR

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA UNAIR) yang dulu dikenal dengan PPKK UNAIR, merupakan Direktorat dibawah naungan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni yang mempunyai tugas menjembatani antara dunia usaha dengan pencari kerja (alumni).

Tujuan
  1. Membina dan mengembangkan karir mahasiswa dan alumni
  2. Meningkatkan kualitas alumni dan mahasiswa untuk berintegrasi dengan dunia usaha
  3. Pengembangan hubungan dan kerjasaa keamlumnian
  4. Membina jiwa wirausaha dan keprofesionalisme mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja
Visi

Sebagai pusat pembinaan karier dan kewirausahaan dalam menghasilkan lulusan yang mandiri, inovatif, kreatif dan mampu bersaing di pasar kerja nasional/global juga mampu menciptakan peluang kerja berbasis moral agama.

Misi
  1. Mengembangkan softskill mahasiswa dalam mempersiapkan kompetensi karier di dunia kerja terintegrasi dengan kegiatan kokurikuler dan extrakurikuler
  2. Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan civitas akademika dalam kerjasama dengan stake holders (masyarakat dan dunia usaha) untuk mengintegrasikan kegiatan akademik dengan dunia usaha
  3. Memberi wahana pengembangan dan pemasyarakatan usaha mandiri ( kewirausahaan) bagi civitas akademika yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Adapun Program-program yang dilaksanakan oleh DPKKA UNAIR antara lain :

DPKKA UNAIR melakukan publikasi info lowongan kerja dan magang dari stakeholder yang melakukan kerjasama dengan DPKKA UNAIR, dan disebarkan melalui :

Website :  dpkka.unair.ac.id
Instagram :  dpkka_unair
Fanspage FB :  Dpkka Unair
Twitter :  dpkka_unair
Linkedin :  linkedin.com/company/dpkkauair
Youtube :  DPKKA UNAIR

DPKKA UNAIR memberikan akses pelamaran kerja secara online di https://dpkka.unair.ac.id/vacancy/lowongan-. Pelamaran kerja dapat dilakukan dengan cara klik apply pada site lowongan yang di minati.

Membekali calon wisudawan dalam memasuki dunia kerja, meliputi gambaran prospek pekerjaan, penetapan tujuan hidup pasca lulus sarjana (kerja atau lanjut sekolah) serta tips dan triks untuk lolos dalam tes kerja.

DPKKA UNAIR memfasilitasi perekrutan berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang ingin melakukan tes di kampus. Layanan ini bertujuan untuk mempertemukan perusahaan dan pencari kerja dari Alumni Unair (khususnya) dan non-Unair.

Memfasilitasi sesi presentasi dan company Branding dari perusahaan atau lembaga untuk berbagi informasi terkait persiapan karir, magang, motivasi karir dan beasiswa.

Seminar karir yang dilaksanakan secara periodik untuk mempersiapkan mahasiswa dan alumni dalam menemukan dan mengasah potensi di dunia kerja.

Program Career Buddy merupakan program pendampingan karir yang melibatkan alumni Unair yang sudah berkarir sebagai mentor.

Konseling karir dikhususkan untuk mahasiswa Universitas Airlangga untuk menemukan potensi karir.

Program untuk mengembangkan minat dan jiwa kewirausahaan serta melahirkan entrepreneur di lingkungan Universitas Airlangga.

Seminar kewirausahaan yang dilaksanakan secara periodik untuk mempersiapkan mahasiswa dan alumni dalam menemukan dan mengasah potensi di dunia bisnis

Pertemuan antara DPKKA dengan stakeholders, diantaranya:

  1. HRD Forum
  2. Alumni Gathering
  3. Entrepreneur Gathering

Bursa kerja yang dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun secara daring ataupun luring, dengan tujuan untuk menjembatani perusahaan/instansi/institusi dan alumni Universitas Airlangga untuk mendapatkan karir terbaik serta memfasilitasi perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang potensial.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang mengacu dari Program Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk menciptakan SDM unggul dan menguasai beragam keilmuan yang berguna di dunia kerja.

Survey tahunan bagi Alumni Airlangga untuk meningkatkan kualitas pendidikan, akreditasi dan keterserapan alumni dalam dunia kerja.

Survey yang bertujuan untuk memetakan minat mahasiswa dalam berkarir atau berwirausaha.

  1. Jejak Langkah Ksatria Airlangga
  2. Jejak Entrepreneur Airlangga

Penghargaan atas prestasi alumni Universitas Airlangga di tuangkan dalam sebuah buku dan untuk menginspirasi alumni Universitas Airlangga menggapai impian.

Survey QS World University Ranking yang menitik beratkan pada penilaian stakeholders terhadap kualitas lulusan Universitas Airlangga.