Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Bukan Sekedar Rasa Telur Asin

Berita Alumni | 06 Nopember 2020 08:22 wib
Inovasi dalam berwirausaha merupakan hal yang sangat krusial untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan inovasi merupakan titik pembeda yang mendasar antara wirausahawan satu dengan wirausahawan lainnya. Sebagaimana yang dilakukan oleh Ahmad Ridlwan Jamil, alumni jurusan biologi yang lulus pada Desember 2016 lalu.

Lelaki yang akrab dipanggil Jamil ini memulai bisnisnya sejak 5 Juni 2017. Ia mulai merintis bisnisnya berkat pengalaman ketika masih menjadi mahasiswa. Selama menjadi mahasiswa, Jamil sering berjualan pada berbagai event yang ada, khususnya event kampus-kampus di Surabaya.

Bisnis yang saat ini ditekuni oleh Jamil adalah usaha yang bergerak di bidang pangan. Salah satu produknya adalah Telasin Snack. Telasin Snack merupakan jajanan ringan yang berbahan baku telur asin. Snack ini dinilai inovatif karena membuat dobrakan baru, yaitu merubah telur asin menjadi makanan ringan sejenis keripik. Selain itu, inovasi lain yang ditawarkan oleh Jamil adalah terdapatnya berbagai rasa yang ditawarkan dalam produk makanannya. Telasin Snack memiliki rasa pedas, balado, original, dan barbeque

Motivasi yang membuat Jamil bertekad untuk membangun bisnis adalah mengangkat perekonomian keluarga dan masyarakat sekitar. Ia ingin dalam bisnisnya nanti dapat membuka banyak peluang kerja. Sedangkan untuk modal yang digunakan awalnya dari dana pribadi. Seiring berjalannya waktu serta kegigihan Jamil, perjalanan bisnisnya banyak mendapatkan permodalan dari kompetisi dan hibah. Menurut Jamil, salah satu pendanaan yang terbesar adalah program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) 2019 dari Ristekdikti.

Uji resep dan validasi pasar merupakan hambatan di awal bisnis Jamil. Akan tetapi, bagi Jamil hambatan tidak pernah ia anggap sebagai masalah. Justru karena adanya hambatan itu menjadikan Jamil tertantang untuk terus maju. “Seiring dengan berjalannya waktu pasti ada solusi”, begitu pendapat Jamil.

Bisnis yang didirikan oleh Jamil ini memiliki nama CV. Jamz Food Indonesia. Untuk rencana ke depannya akan ada beberapa produk terusan dari brand Telasin dengan bahan baku utama telur asin. Selain itu, Jamil juga berencana akan membuat peternakan bebek organik.

            “Mulailah selagi masih ada waktu, jangan menunggu sempurna baru mulai. Yang paling penting bagi wirausahawan yaitu komitmen, kekuatan mental, dan mindset”, begitu pesan yang diucapkan oleh Jamil.
Link
Dilihat 97 kali