Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Menabur Manfaat untuk Para Muslimah

Berita Alumni | 06 Nopember 2020 13:02 wib
Menjalankan bisnis tim merupakan pilihan bagi Raras Hestina Laksmi. Mahasiswa jurusan Fisioterapi angkatan 2018. Raras sendiri bertindak pada bagian katalog. Teman lainnya bertindak sebagai fotografer, dan owner.

Bisnis tersebut bernama Ezameer. Bergerak di bidang Hijab, dress, mukenah, dan rok muslimah. Ezameer didirikan pada pertengahan tahun 2018. Dengan motivasi selalu memberikan kebermanfaatan untuk tetap menggunakan hijab yang syari akan tetapi tetap bergaya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini berhijab juga menjadi fashion tersendiri. Memakai hijab bukan berarti tidak bisa bergaya, justru sebaliknya. Berhijab berarti menjalankan kewajiban sebagai seorang muslimah tetapi juga tidak  ketinggalan trend yang ada saat ini.

Oleh karena itu, Ezameer memilih untuk terus mengembangkan trend hijab, khususnya hijab syari. Tim Ezameer ingin agar muslimah tetap bisa bergaya dengan hijab syari produk mereka. Tidak hanya itu tim Ezameer juga berusaha terus mengembangkan produk-produknya.

Pengembangan bisnis tentu tidak lepas dari berbagai hambatan. Hambatan dalam bisnis dapat ditemui dalam ranah internal atau pun eksternal. Hambatan internal sendiri merupakan hambatan yang terjadi di dalam tim sendiri. Sedangkan hambatan eksternal merupakan hambatan yang terjadi di luar kehendak tim atau pemilik bisnis.

Secara internal, hambatan yang dialami Rezina bersama timnya adalah kerja tim belum maksimal. Hal tersebut terjadi karena seringkali adanya bertabrakan jadwal antara satu dengan yang lainnya. Selain itu terkadang juga terdapat perbedaan persepsi dan missing komunikasi.

Untuk hambatan eksternal sendiri terletak pada modal-modal pengembangan usaha dan pencarian Sumber Daya Manusia (SDM) untuk produksi dan pemasaran. Ezameer sendiri belum memiliki divisi di bidang pemasaran, sehingga Raras dan tim masih berusaha untuk membangunnya.

Rencana ke depannya Ezameer akan mengembangkan modal usaha lebih banyak lagi untuk membuka rumah ezamer sendiri. Ezameer juga berencana melakukan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga kerja tim lebih terencana dengan baik ke depannya.

“Tetap komitmen dan konsisten dengan apa yang sedang kamu jalani, jangan lupa berproses untuk mengembangkan”, ungkap Raras.
Link
Dilihat 100 kali