Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Membuat Prinsip Pribadi dari Rumus Bahasa 5W+1H

Berita Alumni | 06 Nopember 2020 12:20 wib
Software Developer dan IT Solutions merupakan bidang usaha yang saat ini banyak dibutuhkan oleh banyak orang, instansi, maupun perusahaan. Sehingga munculah inovasi untuk mendirikan bisnis bernama Auto Teknomedia Sistem. Bisnis tersebut dirintis oleh Norman sejak tahun 2014 pada mulanya bernama Art Tribute Studio. Kemudian pada tahun 2018 berganti nama menjadi Auto Teknomedia Sistem.

Awalnya di 2014 bisnis ini dirintis oleh dua orang, yaitu bersama partner yang juga sebagai teman sekelas Nourman. Motivasi utama mereka adalah untuk memberikan edukasi serta bantuan pemahaman bagi wirausaha konvensional yang bisnisnya belum tersentuh sama sekali oleh IT.

Pada saat persiapan awal untuk modal keuangan Nouman dan teman-temannya mengumpulkan dana pribadi, tentunya dengan keterbatasan-keterbatasan sebagai seorang mahasiswa. Begitupun modal alat kerja seperti laptop atau komputer, Nourman dan teman-temannya juga murni menggunakan milik pribadi dengan keterbatasan spesifikasi pada saat itu.

Nouman mengaku ia dan timnya mengalami hambatan internal dari sisi manajemen tim saat menangani project agar tetap berjalan sesuai schedule. Bekerja dengan tim memang dibutuhkan koordinasi dan kekompakan yang cukup baik.

Untuk mengatasi hambatan internal tersebut biasanya Norman dan tim mengadakan sharing sessions terkait kesulitan di dalam tim. Sharing session tersebut diagendakan di setiap minggu. Sedangkan dalam mengatasi hambatan eksternal, Nourman dan tim menggunakan model SOP yang sudah paten ke pihak klien supaya meminimalkan terjadinya kemauan klien yang melebar dari komitmen di awal.

Hambatan eksternal Nouman dan timnya adalah dari sisi pengguna (klien) jasa. Para pelanggan cukup sering memiliki kemauan yang berubah-ubah pada saat melakukan permintaan pembuatan sistem. Hal itu membuat Nourman merasa kebingungan dan bekerja lebih ekstra lagi.

"Fokus ke depan kita ada target untuk aktif di beberapa produk IT yang berpotensi menjadi startup baru dengan model bisnis di bidang pendidikan dan penelitian", ungkap Nourman.

"Saya pribadi membuat sebuah prinsip dari rumus bahasa 5W+1H (Wake, Walk, Work, Wish, Win, Happy) yang artinya dalam mencapai segala hal kita cukup lakukan lima langkah penting dan di akhir dengan satu hal yang membahagiakan", tambah Norman.
Link
Dilihat 138 kali