Loading...

Universitas Airlangga

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA)

Ketahui Cara Mendapat Pekerjaan Melalui Website DPKKA UNAIR dan Portal Karir

Artikel | 04 Nopember 2022 03:19 wib
UNAIR NEWS – Bagi mahasiswa, menentukan karir setelah lulus kuliah menjadi hal yang harus dipertimbangkan secara matang. Selain itu, tantangan selanjutnya adalah memperoleh informasi lowongan kerja dari sumber yang kredibel.

Universitas Airlangga (UNAIR) telah berusaha menjembatani antara kebutuhan mahasiswa dan dunia usaha melalui Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA). Upaya ini sebagai wujud transformasi pendidikan tinggi dalam menghasilkan lulusan dengan pekerjaan yang layak.


Kunjungi Website DPKKA UNAIR


Direktur DPPKA UNAIR Prof Dr Elly Munadziroh drg MS memaparkan berbagai program pengembangan karir pada webinar Airlangga Career Club, Rabu (2/11/2022). Program tersebut dapat diakses via website dan media sosial yang terhubung.

  1. Airlangga Employability Advancement menampilkan informasi lowongan pekerjaan dan magang, pendampingan karir bersama alumni, job fair, serta kegiatan lainnya.
  2. Airlangga Internship Program mencakup Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dan Magang Studi Independen Bersertifikat.
  3. Airlangga Entrepreneurship Program memfasilitasi mahasiswa yang ingin berwirausaha dengan pembekalan workshop hingga konsultasi kewirausahaan.
  4. Airlangga Alumni Engagement untuk mengetahui keserapan alumni dalam dunia kerja melalui tracer study.


Selain program unggulan di atas, website DPKKA menyediakan fitur buat Curriculum Vitae (CV) ATS, konseling karir, dan asesmen karir. Layanan ini tanpa dipungut biaya dengan ketentuan mahasiswa sudah memiliki akun DPKKA atau bisa mendaftar di sini.


Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAIR itu menyinggung perkembangan digital yang kini menuntut mahasiswa untuk mampu beradaptasi lewat kemampuan interpersonal. “Ketika lulus, hard skill itu harganya hanya 20 persen dan 80 persennya adalah soft skill yang paling berperan,” ungkapnya.


Ia juga berharap adanya program DPKKA dapat menjadi wadah mahasiswa dalam meniti karir. “Adik-adik mulai saat ini sudah harus merancang, kemudian mempunyai rencana sehingga nanti akan sukses dari perguruan tinggi ke dunia kerja,” tuturnya.


Manfaatkan Portal Karir


Tren menjamurnya platform lowongan kerja pun semakin mempermudah jobseeker untuk memperoleh informasi, salah satunya TopKarir.com. Bekerja sama dengan DPKKA, Randa Adiguna Main Saputra selaku manajer pemasaran TopKarir.Com hadir memperkenalkan aplikasi yang berdiri sejak tahun 2015 tersebut.


Beberapa fitur yang dapat digunakan pengguna secara gratis seperti lowongan kerja, tes minat dan bakat, pelatihan online TopEdu, TopKarir klinik, beasiswa, kewirausahaan, serta artikel karir. Sementara untuk pengguna premium, Randa menyakinkan bahwa platform ini memiliki banyak manfaat dengan konten eksklusif.


“Kita bukan portal kerja, tapi lebih ke untuk mengembangkan karir. Jadi tidak hanya (berisi) informasi lowongan kerja yang paling banyak, ada juga memberikan supporting dalam karir,” tutupnya.


Penulis: Sela Septi Dwi Arista 

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: unair.ac.id/news

Link
Dilihat 234 kali